Ratusan Atlet Anggar Rebutan Piala Menpora

oleh -
Foto Ilustrasi
Foto Ilustrasi

SERPONG- Ratusan atlet anggar dari tiga negara meramaikan Tangsel International Fencing Championship (TIFC) 2012. Kejuaraan ini memperebutkan piala Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora).

Kejuaraan yang pertaman kali digelar di Kota Tangsel ini diikuti tiga negara, yakni Rusia dan Korea Selatan serta Indonesia sebagai tuan rumah, dan akan digelar dari Kamis (21/6/2012) hingga Sabtu (23/6/2012) di Syuman Sport Hall Bina Nusantara International School Serpong, Kota Tangsel.

Ketua Pelaksanaan Kejuraan TIFC Arief, Jamaludin, mengatakan, kejuaraan ini baru pertama kalinya digelar tingkat II yakni di kota Tangsel.

“Tahun ini Tangsel membuat kejuaraan tingkat internasional yang diikuti 129 atlet anggar,” ungkapnya ditemui usai pembukaan TIFC, Kamis (21/6).

Pada kejuaraan ini, kata dia, Indonesia menurunkan 13 atlet nasional. Kejuaraan ini juga sebagai seleksi untuk Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XVIII tahun 2012 di Pekan Baru, Riau.

“Meski baru tiga tahun berdiri, tetapi Kota Tangsel sudah sanggup melaksanakan even internasional,” ucap Ketua Ikatan Anggara Seluruh Indonesia (IKASI) Kota Tangsel itu.

Diakuinya, pada kejuaraan internasional ini tidak menargetkan juara. Namun, Kota Tangsel sebagai tuan rumah bisa mewakili Indonseia sebagai tuan rumah. “Yang penting saat ini kesuksesan pelaksanaan,” ucapnya.

Pada kejuaraan ini, sambung Arief dibagi dengan 12 kategori dan mempertandingkan tiga nomor. Yakni, Sabel, Floret dan Degen.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) KOta Tangsel Rita Juwita mendukung penuh kegiatan tersebut. Kejuaran ini untuk menjaring atlet nasional yang akan bertanding di PON. “Kita juga mempromosikan jika olahraga anggar bukanlah olahraga mewah dengan peralatan yang mahal,” terangnya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangsel Chaerudin meminta agar atlet yang bertanding menjunjung tinggi sportivitas. Selain itu, dapat menjadi terbaik untuk mengharumkan nama Indonesia di dunia internasional. “Kejuaraan ini sangat bagus, apalagi event ionternasional dan Kota Tangsel jadi tuan rumahnya suatu kehormatan,” ucapnya. (KIE/PN-1)

Komentar Anda

comments