Pemkot Serang Contek Pasar Modern BSD

oleh -
Konsep Pasar Modern BSD banyak ditiru daerah lain.

SERPONG- Pasar Modern BSD bakal dijadikan percontohan oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Serang. Pasalnya, dalam waktu dekat ini, Kota Serang bakal memiliki pasar berkonsep modern seperti Pasar Modern BSD.

“Kunjungan kami ke Pasar Modern BSD ini untuk mengetahui sejauh mana sistem managemen dan pengelolaan pasar. Selain itu, kondisi pasar juga kami pantau dan akan diadopsi,” kata Kepala UPT Pasar Pemkot Serang, Hasanudin, ditemui saat kunjungan ke Pasar Modern BSD, Serpong, Kamis (21/6/2012).

Ia menambahkan, akan ada revitalisasi enam pasar tradisional di Kota Serang. Pihak swasta, kata dia, terbuka untuk menanamkan modalnya di keenam pasar yang bakal dikonsep dan dikelola secara modern tersebut.

“Untuk tahun ini, pasar modern yang bakal segera dibuka yakni Pasar Modern Serang City. Sedangkan untuk enam pasar yang akan direvitalisasi, kita belum tentukan waktunya,” tandasnya.

Koordinator Pasar Modern Serang City, Nuri, menambahkan, pasar modern yang dikelola PT Tunas Mekar Anugerah bakal meniru konsep pasar modern BSD. Hal ini karena Pasar Modern BSD merupakan pasar berkonsep modern pertama di Provinsi Banten.

Untuk Pasar Modern Serang City, kata dia, memiliki 218 kios dalam, 31 kios luar, 120 lapak dan 62 unit ruko. Pihaknya optimis jika pangsa pasar di Kota Serang penjualannya baik. Apalagi, respon dari masyarakat bagus.

“Saat ini sudah terjual 99 persen. Serahterima kunci awal Juli tahun ini. Untuk pembukaan pasar bulan September 2012,” terangnya.

Menanggapi kunjungan itu, Tenant Relation Pasar Modern BSD, Kessi, mengatakan, konsep pasar modern pertama kali dikembangkan BSD. Makanya, tidak heran jika pasar modern BSD sering menjadi rujukan atau tempat studi banding bagi pemerintah daerah lain di luar Kota Tangsel yang ingin merevitalisasi pasar tradisionalnya.

“Kehadiran pasar modern merupakan upaya untuk memperbarui pasar tradisional sehingga bisa bersaing dengan pasar swalayan yang menawarkan suasana belanja nyaman dan aman,” ujarnya.

Dari sisi produk, kata dia, konsep kios dan produk yang dijual di pasar ini tetap bernuansa tradisional, item bervariasi melebihi pasar swalayan.

“Bangunannya dirancang khusus dengan satu lantai dan memiliki langit-langit tinggi. Sirkulasi udara yang baik sehingga hawa dalam ruangan tak panas walau tanpa pendingin udara,” ucapnya. (KIE/PN-1)

Komentar Anda

comments