251 Pejabat Serang Dilantik, Kadistan Untung Dinonjobkan

oleh

Palapanews.com- Kepala Dinas Pertanian (Distan) Serang, Banten, Untung Juanedi mungkin harus bebesar hati. Soalnya, dari 252 pejabat, hanya dirinya yang dibebastugaskan (dinonjobkan). Dinonjobkan Untung diduga kurang berkompeten dalam menjalankan tugas sebagai Kadistan.

       Wakil Walikota Serang, Nana Suryana mengatakan dinonjobkan atau difungsionalkan dalam sebuah pekerjaan di pemerintahan merupakan hal wajar. “Segi kompetensi Kedistan yang baru dilantik menggantikan Kadistan lama karena memiliki kompetensi yang baik dalam bidang pertanian,” ungkap Nana di sela-sela pelantikan 252 pejabat dilingkungan Kota Serang, Senin (30/4).

       Nana mengatakan pejabat yang baru dilantik merupakan orang-orang dianggap berkompeten di bidangnya. “Semua pejabat yang dilantik mempunyai kemampuan di bidang yang mereka jabat,” katanya.

       Kepala BKD Kota Serang, Ahmad Benbela, membenarkan, Untung Junaedi dijadikan pejabat fungsional umum, yang akan mengisi jabatan struktural di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), namun SKPD mana belum ditentukan.

       “Bukan nonjob, tapi difungsionalkan. Ini merupakan kewenangan walikota,” ujar Ahmad,  seraya mengatakan, kemungkinan penilaian Walikota bersumber pada kinerja yang bersangkutan, yang dinilai kurang maksimal.

       Menanggapi hal tersebut, Untung Junaedi mengaku kaget dan kecewa. Karena dia merasa, selama bekerja tidak pernah mendapat masalah, bahkan beberapa program Distan berhasil dijalankannya.

       “Saya tidak tahu alasannya kenapa dinonjobkan, kalau melihat dari kompetensi, saya merasa cukup kompeten. Basic pendidikan saya dari Pertanian,”jelas Untung.

       Meski demikian, lanjut Untung, hanya pasrah dan tidak bisa berbuat apa-apa, karena semua kewenangan ada di tangan pimpinan. “Meski saya merasa telah bekerja dengan baik, tapi ini keputusan pimpinan. Sebagai bawahan, saya hanya bisa melaksanakan keputusan ini,” katanya.

       Sekadar diketahui, pelantikan 252 pejabat tersebut, sempat tertunda beberapa jam, dikarenakan Walikota yang harusnya melantik sakit, sehingga harus tertunda hingga satu jam, namun pelantikan berjalan dengan lancar.

       Pelantikan 252 ppejabat ini terdiri atas empat pejabat esolan II yang tiga diantaranya hasil promosi, yakni Ojat Sukardjat dari Sekretaris Dindik Menjadi Kepala Disperidagkop, Djoko Sutrino dari Sekretaris Bappeda menjadi Kepala Badan Lingkungan Hidup Daerah (BLHD), dan Ahmad Mujimi dari Plt BLHD menjadai Kepala Badan Satuan Polisi Pamong Praja. Sedangkan untuk esolan III A yang dilantik sebanyak 6, Esolan III B 24, Esolan IVA 93, esolan IV B 57, dan 64 pejabat fungsional.

       Satu orang pejabat esolan II yang tidak terakomodir, alias nonjob yaitu Kadistan Kota Serang Untung Juanedi kini posisinya digantikan Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Disperindagkop) Kota Serang Edinata Sukarya, sedangkan posisi Edinata digantikan oleh Sekretaris Dinas Pendidikan  (Dindik) Kota Serang Ojat Sukardjat.(yul)

Komentar Anda

comments