PPK se-Kota Tangerang Dibekali Ilmu Soal Penyusunan Laporan Keuangan

Palapanews.com- Untuk meningkatkan kapasitas dalam menyusun administrasi keuangan secara transparan dan akuntabel pada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) se-Kota Tangerang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang menyelenggarakan bimbingan teknis (Bimtek).

Bimtek yang dilaksanakan disalah satu hotel ternama di Kota Tangerang ini tentunya dapat meningkatkan pengetahuan dalam hal laporan keuangan KPU Kota Tangerang.

Komisioner KPU Kota Tangerang Divisi Teknis, Rustana menyampaikan, bimtek ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kapabilitas PPK dalam mengelola administrasi keuangan yang transparan dan akuntabel.

Dengan bimtek ini, tambah Rustana, untuk memastikan semua laporan keuangan yang disusun oleh PPK sesuai standar akuntansi yang berlaku.

“PPK dapat memahami dan mengaplikasikan prinsip-prinsip akuntansi secara benar dalam setiap laporan keuangan yang disusun, sehingga laporan keuangan tersebut tidak terjadi kesalahan,” kata Rustana, Selasa, 9 Juli 2024.

Adapun narasumber dalam bimtek ini terdiri dari Chandra Mundiana dari Inspektorat Kota Tangerang, Faturozi, S.H dari Kejari Kota Tangerang, Priyo Basuki dari Polres Metro Tangerang Kota dengan materi Mitigasi Resiko Pidana Pengelolaan Keuangan serta Qoriyatiningsih dari KPU Provinsi Banten dengan materi penyusunan LPJ Keuangan.

Materi yang disampaikan meliputi dasar-dasar akuntansi pemerintahan, prosedur penyusunan laporan keuangan, serta audit internal dan eksternal. Dan, para peserta juga diberikan pemahaman tentang hukum untuk mencegah terjadinya tindak pidana penyalahgunaan keuangan.

Sementara itu, Ketua KPU Kota Tangerang Qori Ayatullah mengatakan, melalui Bimtek PPK se-Kota Tangerang ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas laporan keuangan KPU Kota Tangerang, sehingga dapat memberikan informasi yang akurat dan terpercaya bagi semua pihak yang berkepentingan.

“Transparansi dan akuntabilitas adalah kunci utama dalam pengelolaan keuangan. Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kedua aspek tersebut melalui berbagai upaya, termasuk bimbingan teknis seperti ini,” papar Qori.

Menurut Qori, bimbingan teknis ini merupakan salah satu rangkaian program peningkatan kapasitas penyelenggara yang dilaksanakan oleh KPU Kota Tangerang dalam rangka mempersiapkan pelaksanaan Pilkada serentak tahun 2024 yang bersih dan berkualitas.

“Harapannya dengan bimtek ini Pilkada serentak tahun 2024 di Kota Tangerang tidak ada kendala sampai hari H. Kita sebagai penyelenggara harus tertib. Hal-hal baik perlu kita pertegas. Ayo rekan-rekan semua harus bisa saling menjaga,” ajak Qori kepada peserta bimtek. (ydh)

Komentar Anda

comments