2 Tahun Nunggak Bayar Pajak Kendaraan, Tim Samsat Cikokol bakal Datang ke Rumah 

Palapanews.com Untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) dari sektor pajak kendaraan bermotor (PKB), UPT Samsat Cikokol Provinsi Banten melakukan inovasi dengan cara mengintensifikasi kendaraan bermotor belum mendaftar ulang (KBMDU).

Hal ini disampaikan Sekretaris Bapenda Provinsi Banten, Rita Prameswari selaku Plh Kepala UPT Samsat Cikokol.

Rita menerangkan, KBMDU yaitu pihaknya menyiapkan dua tim kerja untuk melakukan pendataan kendaraan bermotor yang belum membayar pajak dengan cara datang langsung ke lokasi sesuai alamat.

“Dua tim ini nantinya akan kami sebar ke wilayah kecamatan yang memiliki jumlah tunggakan terbesar, saat ini adalah Kecamatan Tangerang,” paparnya seraya menambahkan, dua  tim dari Samsat Cikokol yang berjumlah 15 orang tersebut mulai bekerja Rabu 26 Juni 2024 hingga Sabtu 29 Juni 2024.

Rita menyampaikan, setiap orang dibebankan sebanyak 20 berkas wajib pajak yang perlu didatangi. Diharapkan dapat terdata dengan baik, apakah kendaraan tersebut masih dimiliki, sudah dijual, sudah ditarik leasing, sudah menjadi scrap, dan lain-lain.

Jika kendaraan masih dimiliki dan belum membayar pajak, ungkap Rita, maka pihaknya akan menurunkan tim penagihan.

“Harus sampai dapat, ambil nomor teleponnya dan buat pernyataan kapan sanggup bayar, dan terus kita ingatkan,” tegas Rita, Sabtu, 29 Juni 2024.

Diinformasikan sejumlah rumah yang didatangi petugas tim itu adalah para wajib pajak yang memiliki tunggakan PKB sedikitnya 2 tahun.

“Hasil pendataan dari kedua tim tersebut rencananya akan terlaporkan pada Senin 1 Juli 2024. Dari data tersebut kita bisa menindaklanjuti agar jumlah tunggakan yang kami miliki di Samsat Cikokol bisa berkurang,” pungkas Rita Prameswari.(ydh)

Komentar Anda

comments