Di Tax Room Juara, Penjabat Wali Kota Ingin Libatkan Masyarakat serta Digitalisasi Layanan

Palapanews.com Tax Room Juara milik Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Tangerang dikunjungi Penjabat Wali Kota Tangerang, Nurdin.

Kedatangan Penjabat Wali Kota Tangerang ini untuk memonitoring percepatan pelayanan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) dan Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB) secara maksimal di Kota Tangerang.

Penjabat Wali Kota Tangerang, Nurdin menyampaikan, untuk mempercepat proses updating data PBB, Bapenda lebih masif dalam melakukan pembaruan data dengan melibatkan partisipasi aktif masyarakat.

“Misalnya ada yang membangun rumah, RT dan RW bisa melaporkan ke kelurahan atau kecamatan. Dengan demikian, Satgas PBB bisa langsung melakukan pengecekan lokasi,” kata Nurdin, Kamis, 27 Juni 2024.

Tapi, kata Nurdin, dengan jumlah penduduk yang mencapai sekitar dua juta jiwa, pendataan ini tidak dapat dilakukan dengan cepat dengan jumlah penyurvei yang terbatas, sehingga dibutuhkan partisipasi masyarakat untuk melaporkan langsung ke Bapenda.

“Saya harap, masyarakat dapat melaporkan update bangunan mereka secara rutin baik melalui website Bapenda Kota Tangerang, aplikasi Tangerang Live, atau dengan datang langsung ke kantor Bapenda,” jelasnya

Melalui upaya ini, lanjut Alumnus Universitas Indonesia ini, diharapkan tidak hanya mempercepat pelayanan PBB, tetapi juga meningkatkan akurasi data yang ada.

“Dengan data yang lebih akurat, Pemerintah Kota Tangerang dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat,” ucapnya.

Penjabat  Wali Kota juga menegaskan komitmen pemerintah dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pelayanan pajak.

“Dengan melibatkan masyarakat dalam proses pembaruan data, diharapkan akan tercipta kerja sama yang lebih baik antara pemerintah dan masyarakat dan tentunya turut membantu proses percepatan pelayanan pajaknya,” pungkasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments