Dinas Lingkungan Hidup Targetkan 2.000 Mobil saat Uji Emisi di Kota Tangerang

Palapanews.com- Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang melakukan Uji Emisi kendaran bermotor dalam rangka evalusi kualitas udara perkotaan dan hari lingkungan hidup.

Uji emisi ini dilakukan selama tiga hari mulai 11 hingga 13 Juni 2024 dengan titik lokasi di Jalan Sudirman, Jalan MH. Thamrin, dan Jalan Puri Permata, Kecamatan Karang Tengah.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Wawan Fauzi menyampaikan, uji emisi ini ditargetkan sebanyak 2.000 kendaraan bermotor (roda empat). Dimana, untuk hari pertama ditargetkan sebanyak 700 kendaraan, hari kedua sebanyak 700 kendaraan, dan hari ketiga sebanyak 600 kendaraan.

“Uji emisi ini dikhususkan untuk kendaraan roda empat dan dilakukan secara gratis,” ucap Wawan Fauzi seraya menambahkan, bagi pemilik kendaraan roda empat yang hendak melakukan uji emisi diharapkan membawa fotocopy STNK.

Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang, Dadang mengatakan, Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang kerap melakukan uji emisi bagi kendaraan sebagai langkah untuk mengetahui kualitas udara serta gas buang dari kendaraan roda empat.

“Kita akan mengetahui kualitas udara di Kota Tangerang melalui uji emisi ini. Dan, untuk kali ini ditargetkan 2.000 kendaraan roda empat selama tiga hari,” papar Dadang, Senin, 10 Juni 2024.

Dengan adanya uji emisi ini, kedepannya bagi kendaraan yang tidak lulus uji emisi diharapkan dapat melakukan service secara rutin, sehingga gas buang yang dikeluarkan tidak berdampak negatif bagi kualitas udara.

“Ada empat alat yang digunakan untuk uji emisi yakni dua unit untuk bahan bakar bensin, dan dua alat untuk bahan bakar solar,” ucapnya.

Dadang menambahkan, untuk saat ini kualitas udara di Kota Tangerang masih aman. Hal ini juga bisa dilihat dari alat pengukur udara yang tersebar di Kota Tangerang. “Ada empat titik keberadaan alat pengukur udara di Kota Tangerang yakni di Jalan Sudirman, Kebon Nanas, Kawasan Ciledug, dan Jatiuwung,” imbuhnya.(ydh)

Komentar Anda

comments