Halal Bihalal IPSI Kota Tangerang, Penjabat Wali Kota Kasih Jempol untuk Prestasi Atlet Pencak Silat

Palapanews.com Sebanyak dua puluh delapan perguruan pencak silat meramaikan halal bihalal yang diselenggarakan oleh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Kota Tangerang, Sabtu, 4 Mei 2024.

Berlokasi di Sekretariat IPSI Kota Tangerang, tepatnya di kawasan Stadion Benteng Reborn juga dihadiri oleh Penjabat Wali Kota Tangerang, Ketua IPSI Provinsi Banten, dan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Tangerang.

Sebelum dimulainya pembukaan acara halal bihalal, ada pertunjukan silat seni prestasi dari para atlet pencak silat yang bakal tampil di Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) 2024.

Irman Pujahendra selaku Ketua IPSI Kota Tangerang mengatakan, acara halal bihalal ini sebagai bentuk untuk mempererat tali persaudaraan sesama perguruan silat yang ada di IPSI Kota Tangerang. Dan, persiapan menjelang Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) Banten ke-9, dan menjadi juara umum.

“Kami dari IPSI Kota Tangerang terus memantau para atlet yang bakal tampil di POPDA, latihan fisik dan mental juga terus dilakukan, sehingga kesiapan atlet benar-benar maksimal dan dalam keadaan siap untuk bertanding,” imbuh Irman Pujahendra.

Pria yang akrab disapa Abah ini juga mengimbau agar IPSI Kota Tangerang yang menaungi puluhan perguruan pencak silat agar tetap menjaga kondusifitas dan keharmonisan dalam menghadapi pesta demokrasi lima tahunan (Pilkada) Kota Tangerang. “Mari kita ciptakan kondusifitas dalam menjelang Pilkada. Untuk itu, komunikasi dan koordinasi harus tetap berjalan,” ucap Abah.

Ketua IPSI Provinsi Banten, Ajat Sudrajat juga mengapresiasi acara halal bihalal ini. Sebab, acara ini mampu menguatkan komunikasi dan koordinasi antar perguruan. Apalagi, Kota Tangerang merupakan penyumbang terbesar atlet silat di Provinsi Banten. “Pada PON XXI yang dilaksanakan di Aceh dan Sumatera Utara ini, Banten akan memberangkatkan 9 atlet pencak silat, dan 6 atletnya itu berasal dari Kota Tangerang,” paparnya seraya menambahkan, pencak silat merupakan warisan budaya dan seni dari para leluhur sehingga harus tetap dijaga dan dilestarikan.

Sementara itu, Penjabat Wali Kota Tangerang, Nurdin memberikan apresiasi kepada para pesilat yang telah mengharumkan nama Kota Tangerang dikancah regional maupun nasional, sehingga membuat Pencak Silat di Kota Tangerang semakin berkembang.

“Prestasi yang diukir oleh para atlet menjadi bukti bahwa olahraga ini sangat digemari dan dicintai masyarakatnya. Dari penampilan yang saya lihat barusan, saya percaya, para Pesilat Kota Tangerang memang luar biasa,” ungkap Nurdin.

Pencak Silat adalah salah satu warisan budaya bangsa asli Indonesia yang patut kita banggakan dan lestarikan, maka dari itu kekompakan untuk selalu melestarikan dan menoreh prestasi harus terus tumbuh.

“Mungkin dulu katanya ini adalah olahraga kampung, tapi sekarang pencak silat membuktikan bahwa olahraga ini sudah go internasional,” ujarnya.(ydh)

Komentar Anda

comments