Program Bedah Rumah Upaya Pemkot Tangsel Wujudukan Kehidupan Layak

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang Selatan (Tangsel) terus melanjutkan program bedah rumah atau perbaikan Rumah Umum Tak Layak Huni (RUTLH). Dimotori Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman dan Pertanahan (Disperkimta) Kota Tangsel, pada tahun anggaran 2024 ini total 510 unit rumah tak layak huni yang tersebar di tujuh kecamatan bakal diperbaiki.

Ke-510 rumah tak layak huni ini tersebar di tujuh kecamatan. Rinciannya, yakni Kecamatan Ciputat sebanyak 68 unit, Kecamatan Ciputat Timur 65 unit, Kecamatan Pamulang 65 unit, Kecamatan Pondok Aren 94 unit, Kecamatan Serpong 80 unit, Kecamatan Serpong Utara 70 unit dan Kecamatan Setu 68 unit rumah.

Wali Kota Tangsel, Benyamin Davnie mengatakan Pemerintah Kota kembali melanjutkan program yang pada tahun anggaran 2023 lalu memperbaiki 345 rumah tak layak huni. Menurutnya, program ini merupakan komitmen Pemerintah Kota dalam mewujudkan kehidupan layak, terlebih manfaatnya dirasakan betul oleh masyarakat.

“Perbaikan ini sifatnya menyeluruh dari bawah sampai atas. Tetap semuanya kita bangun dengan konstruksi bata atau hebel, pakai atapnya baja ringan, dua kamar, kemudian kamar mandi, ruang keluarga, dapur, listriknya, air juga udah ada. Lantainya keramik,” terangnya.

Untuk mendapatkan program bedah rumah ini, ada sejumlah syarat yang harus dipenuhi. Hanya saja, syarat utama yang wajib dipenuhi yakni status tanah penerima manfaat program bedah rumah, yang harus milik sendiri.

Wali Kota Benyamin Davnie. Foto: Ist

“Tahun ini 510 unit rumah se-Tangerang Selatan akan dibedah. Asal tanahnya milik sendiri, jangan milik PT, tanah minjam dan lain-lain,” kata Benyamin.

Senada dikatakan Wakil Wali Kota Tangsel, Pilar Saga Ichsan. Menurutnya, perbaikan ini sifatnya menyeluruh. Dimana, membongkar total rumah umum yang tak layak huni, sehingga menjadi layak ditempati.

“Program ini sebagai komitmen Pemerintah Kota Tangerang Selatan menghadirkan kehidupan yang layak dan menghadirkan kesejahteraan bagi masyarakat,” tandasnya.

Sementara Kepala Disperkimta Kota Tangsel, Aries Kurniawan mengatakan bahwa program bedah rumah merupakan komitmen Wali Kota dan Wakil Wali Kota menghadirkan kesejahteraan dan kehidupan yang layak bagi warga Tangerang Selatan.

Menurut Aries, total keseluruhan rumah yang diperbaiki oleh Pemerintah Kota Tangerang Selatan sebanyak dua ribu lebih dalam program bedah rumah sejak awal digulirkan. Rinciannya, pada 2017 telah dibangun 206 rumah, 2018 dibangun 151 rumah, 2019 dibangun 205, 2020 dibangun 205 rumah, 2021 dibangun 198, 2022 dibangun 200 rumah dan 2023 sebanyak 345 rumah. (adv)

Komentar Anda

comments