Book Launch Erwin Parengkuan “Best Leaders With The Right Mindset” Dalam Rangka Talkinc 19th Anniversary

Palapanews.com – Dalam rangka merayakan HUT ke-19 TALKINC pada 26 November 2023, kita mengusung tema “Am I One of Them?” Sebuah pertanyaan reflektif sebagai ajakan bagi kita untuk menyadari banyak nilai, perilaku, dan sikap yang semakin tidak mencerminkan kearifan lokal budaya kita.

Contoh dalam kehidupan sehari-hari; di dunia profesional, bahkan di dunia maya, kerap kita melihat, membaca, atau mendengar berbagai berita yang mengangkat kasus tentang perilaku manusia yang semakin tidak beretika, merugikan, bahkan membahayakan orang lain. Komentar-komentar yang tidak menyenangkan pun menjadi semakin lumrah, termasuk bullying secara verbal maupun fisik yang menjadi konsumsi kita sehari-hari. Untuk itu,

TALKINC mengajak kita semua agar mulai kembali kepada 3 aspek mutlak yang harus dimiliki siapa pun tanpa terkecuali, yaitu: Value: keyakinan atau kepercayaan yang dimiliki seseorang atau sekelompok individu dan dijadikan pedoman dalam bersikap. Attitude: berkaitan dengan mental seseorang yang memengaruhi dan menentukan sikap dalam merespons sesuatu. Behavior: perilaku, tingkah laku, perbuatan, atau tindakan individu sebagai respons terhadap rangsangan internal maupun eksternal.

Ketiga aspek tersebut mempunyai peranan yang sangat penting dalam proses menghadapi kehidupan bermasyarakat agar kita dapat membangun relasi dengan siapa pun, dengan lebih beradab dan beretika. Apalagi, kita akan segera melaksanakan pemilihan Presiden dan Wakil Presiden.

Sayangnya, kita melihat dan merasakan 3 aspek tadi memudar dan semakin provokatif, hanya demi mengejar ego masing-masing kelompok yang mengakibatkan masyarakat menjadi resah, kebingungan, dan hilang arah. Kami percaya jika seseorang ingin berkontribusi kepada masyarakat luas, terlebih dahulu dia harus dapat melakukan self-check dan menerima dirinya (self-acceptance) dan harus terus berusaha menjadi pribadi yang lebih baik dari waktu ke waktu.

Seorang pemimpin yang bernas hendaknya sudah terlebih dahulu “selesai” dengan dirinya, sehingga dia dapat memimpin orang lain dan/atau organisasinya. Erwin Parengkuan, Founder & CEO of TALKINC, menyadari bahwa saat ini negara kita membutuhkan sosok pemimpin yang tegas, berwibawa, dan memiliki nilai-nilai yang teguh, serta humanis.

Bukan hanya untuk golongan tertentu, tetapi mampu memberikan kontribusi positif secara luas bagi masyarakat Indonesia. Melalui perjalanan dan pengamatannya menjadi coach dan mentor dari banyak pemimpin hebat di negeri ini, Erwin tergerak untuk menuangkan pengalaman dan pembelajaran yang didapatkannya dalam buku yang dapat menjadi panduan bagaimana seorang pemimpin harus memiliki kualitas-kualitas yang akan dia jabarkan dalam bukunya, Best Leaders With The Right Mindset.

Dalam buku ini, pembaca akan diajak bersamasama mengupas langkah demi langkah untuk menjadi your best-self. Tentunya untuk mencapai versi terbaik diri, diperlukan kesadaran, komitmen, disiplin, dan konsistensi. Karya terbaru Erwin Parengkuan ini tersedia di toko Gramedia seluruh Indonesia, juga di Gramedia.com dan toko resmi Gramedia di berbagai platform e-commerce. Buku ini diterbitkan oleh Gramedia Pustaka Utama yang juga telah menerbitkan berbagai karyanya yang lain, bahkan beberapa di antaranya berhasil meraih national best-seller.

Bila Anda ingin belajar menjadi pemimpin masa depan yang bernas, Anda patut membaca buku yang dilengkapi banyak best practices dan berbagai contoh kepemimpinan yang sukses dalam menginspirasi dan memotivasi orang dalam jumlah kecil maupun besar yang tersaji secara praktis ini. Pemimpin yang sukses harus dapat mengendalikan egonya, untuk itu Dr. Nico Wanandy, Ph. D. dan Dr. Riza Arief Putranto, Ph. D. turut menjelaskan bagaimana ego menjadi faktor yang memengaruhi pola pikir serta hormon yang dapat mendikte seseorang.

Buku ini juga dilengkapi berbagai contoh kepemimpinan egaliter dari para tokoh dunia yang inspiratif, termasuk beberapa figur penting dari dalam dan luar neger yang turut membagikan tips tentang kualitas apa saja yang harus dimiliki pemimpin agar terus berkembang sesuai tuntutan zaman, antara lain Duta Besar RI untuk UK, Irlandia, dan WMO; Desra Percaya, Ph.D.; Silvano Rumantir, salah satu direksi BUMN; Neil Mullarkey, pembicara publik dari UK; dan Martin Down, Executive Coach London Business School, UK.

Erwin juga membagikan kisahnya dalam membangun dan memimpin TALKINC hingga menjadi organisasi terdepan dalam berbagai bentuk pelatihan komunikasi. Pada 2023, dia dan timnya berhasil mengembangkan TALKINC yang berawal sebagai kursus public speaking dan penyedia pelatihan inhouse training, menjadi LPK TALKINC yang terakreditasi sebagai Lembaga Pelatihan Kerja oleh Lembaga Akreditasi LA-LPK Kemenaker RI dalam membuat dan mempraktikkan aneka macam inovasi sistem pembelajaran.

Saat ini, Erwin memimpin lebih dari 30 tim dengan 19 fasilitator unggul yang bersama-sama terus memberikan dampak komunikasi kepada lebih dari 2.000 klien. Selain itu, satu tahun ke belakang ini banyak capaian baru yang berhasil diraih oleh TALKINC, yaitu memiliki kanal YouTube KATATALKINC sebagai wujud semangat berbagi, memberikan pelatihan kepada 2.600 Profesional dari Kilang Pertamina Internasional selama 6 minggu berturut-turut di 6 kota: Dumai, Plaju, Balongan, Jakarta, Kasim, dan Balikpapan, serta meningkatnya permintaan pelatihan yang signifikan, termasuk team building yang diselenggarakan di berbagai kota, juga banyak individu yang mengambil kelas private kepada kami.

Hal ini menunjukkan minat yang sangat besar dari para peserta untuk meningkatkan kapasitas diri, khususnya kemampuan berkomunikasi yang menjadi ujung tombak dalam menjalani kehidupan yang lebih bahagia dan karier yang lebih cemerlang. Pada ulang tahun TALKINC yang ke-19 kali ini, kami ingin terus menginspirasi semua elemen masyarakat agar senantiasa memperhatikan aspek-aspek dasar dalam kehidupan sosial dan profesional, menjadi pemimpin untuk diri sendiri, bahkan menjadi pemimpin masa kini yang berkontribusi bagi masyarakat luas. (rls/bd)

Komentar Anda

comments