40 ASN Pemkot Tangerang Ikut Diklat Mitigasi Resiko Pengadaan Barjas

Palapanews.com Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang menggelar Diklat Mitigasi Resiko dalam Pengadaan Barang dan Jasa di Pemerintahan Kota Tangerang.

Diklat tahap ketiga ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kota Tangerang, Herman Suwarman yang bertempat di Ruang Akhlakul Karimah, Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Senin, 13 November 2023.

Herman Suwarman menerangkan, Pengadaan Barang dan Jasa merupakan kegiatan yang penting dalam menjalankan fungsi pemerintahan.

“Pengadaan yang efektif dan efisien akan memberikan dukungan yang optimal bagi penyelenggaraan pelayanan publik dan pencapaian tujuan bersama,” kata Herman.

Namun tidak dapat dipungkiri, tambah Herman,  dalam prosesnya bisa terdapat berbagai risiko yang dapat menghambat pencapaian tujuan dan mengakibatkan kerugian dalam berbagai hal.

“Untuk itu, antisipasi dan perbaikan harus dilakukan karena bisa memberikan dampak baik yang berkelanjutan dalam pelaksanaan pengadaan barang dan jasa, kemudian pihak pengelola, pihak pengadaan dan pejabat pembuat komitmen harus saling berkoordinasi sehingga mempunyai pemahaman yang sama dalam hal ini,” tegas Herman.

Dikatakannya, mekanisme pengadaan saat ini sudah secara elektronik melalui SPSE. Oleh sebab itu, penting untuk mempunyai pemahaman yang sama dari berbagai pihak terkait. Dan, untuk para peserta dapat memaksimalkan kegiatan ini untuk dapat pemahaman mengenai pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengidentifikasi, menganalisa dan mengelola risiko yang timbul dalam berjalannya program.

“Nantinya akan ada pedoman yang bisa dijadikan acuan bagi pengembangan kebijakan dan prosedur yang terkait dengan pengadaan Barang dan Jasa,” pungkasnya.

Sebagai informasi kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 13 November- 16 November 2023 dan diikuti sebanyak 40 peserta yang terdiri dari PPK dan PPTK dari masing-masing OPD di Lingkungan Pemkot Tangerang.(ydh)

Komentar Anda

comments