Menariknya Pertunjukan Drama Timun Mas ala Binus School Serpong

Palapanews.com- Sebagai sekolah berbasis kurikulum internasional Cambridge, Binus School Serpong terus mengajak setiap siswanya untuk mempertahankan nilai-nilai budaya dan kearifan lokal, salah satunya melalui pertunjukan drama dari cerita rakyat, Timun Mas yang ditampilkan di Binus School Serpong pada Jumat (26/5/2023)

Presiden Binus School Education, Michael Wijaya Hadipoespito mengatakan, gelaran rutin tahun ini juga menjadi wadah para siswa untuk mengembangkan bakat dan potensinya, selain dari segi akademis.

“Jadi dalam pertunjukan ini, bagaimana siswa mengkominasikan cerita rakyat Timun Mas dengan isu sosial dan lingkungan, yang masih sejalan dengan program Sustainable Development Goals (SDGs). Ini ymenjadi salah satu perhatian kami untuk membina dan memberdayakan masyarakat untuk membangun bangsa,” ujar Michael.

Kisah dari Jawa Tengah tentang seorang wanita bernama Timun Mas yang harus berhadapan dengan raksasa Buto Ijo ini melibatkan 254 pemain, mulai dari
guru, staf, dan juga orang tua siswa.

Ketua Komite Produksi Timun Mas yang juga siswi kelas 11 di BINUS SCHOOL Serpong, Nicole Vashti, menjelaskan, cerita ini dibuat lebih modern dengan memasukan unsur-unsur masa kini.

“Seperti isu seperti penebangan hutan yang perlu mendapatkan perhatian lebih karena berdampak langsung pada kerusakan lingkungan,” ungkapnya.

Produksi pertunjukan Timun Mas dikerjakan seluruhnya oleh siswa dari Binus School Serpong, mulai dari aktor dan aktris, penata panggung, penata busana, penata lampu, kepenulisan naskah, dan juga musik orchestra yang mengiringi pertunjukan. Bahkan, sebagian besar musik yang menjadi pengiring merupakan hasil aransemen dari Tim Produksi Timun Mas.

Wakil Kepala Komite Produksi Timun Mas, Calista Zahra Caesariyani, yang juga merupakan siswi kelas 11 menambahkan, sejak proses produksi Timun Mas yang dimulai November 2022 lalu, para siswa bekerja keras untuk memberikan hasil terbaik dengan tetap membagi waktu antara akademis dan juga persiapan pertunjukan ini.

“Kami juga mendapatkan banyak dukungan dan arahan dari guru-guru maupun bantuan dari orang tua, dengan banyaknya dukungan yang didapatkan semakin membuat kami bersemangat memberikan penampilan yang berkesan,” imbuhnya. (nad)

Komentar Anda

comments