Ngabuburit Pengawasan ala Bawaslu Kota Tangerang jadi Sarana Edukasi untuk Warga dalam Pemilu

Palapanews.com- Untuk memberikan edukasi kepada masyarakat Kota Tangerang, khususnya warga/pemuda di Kelurahan Tanah Tinggi, Kecamatan Tangerang, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kota Tangerang menggelar berdiskusi yang dikemas dalam Ngabuburit Pengawasan Partisipatif bersama Forum Pemuda Peduli Demokrasi.

Ketua Bawaslu Kota Tangerang, Agus Muslim menerangkan, Ngabuburit Pengawasan Partisipatif merupakan salah satu cara pendekatan langsung kepada masyarakat. Hal tersebut untuk memastikan situasi hari ini menjelang perhelatan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 mendatang.

“Di kegiatan ini kita memiliki agenda yang menjadi tugas dan tanggungjawab Bawaslu. Kemudian kita dorong ke masyarakat terkait pengawasan partisipatif,” ujar Agus Muslim, Selasa, 11 April 2023.

Dikatakan Agus, para pengawas Pemilu memanfaatkan momen Ngabuburit di bulan suci ini dengan melakukan pencegahan semaksimal mungkin. Dan, memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang kinerja dari Bawaslu Kota Tangerang.

“Acara seperti ini untuk menambah wawasan dan memberikan edukasi tentang pencegahan, mana yang boleh dan tidak boleh dilakukan sebelum dan saat masa kampanye. Dan, ini merupakan hasil dari teman-teman pemuda Panwas kelurahan dan kecamatan, maka kita sambut untuk kemudian bersama masyarakat berpartisipasi pada Pemilu nanti,” ujarnya.

Agus menyebutkan, dalam kegiatan itu juga pihaknya menyampaikan lahirnya Forum Pemuda Peduli Demokrasi. Hal tersebut agar kedepannya para pemuda dapat menjaga demokrasi yang berjalan bersama dengan Bawaslu.

“Sebab ini menjadi kewajiban kita untuk menyampaikan kepada masyarakat, tidak hanya kata belaka ini merupakan wujud nyata kerja pihaknya. Kita akan terus bangun, minimal di 13 kecamatan Kota Tangerang. Bagaimana menjadikan Pemilu ini berjalan dengan baik,” paparnya.

Sementara itu, Ketua Forum Pemuda Peduli Demokrasi Kota Tangerang, Diof Al Habsi menambahkan, kegaitan ini dihadiri oleh 50 orang pemuda dan menjadi momentum pemuda untuk berkiprah secara nyata di tengah-tengah masyarakat.

“Berbuat dan berkolaborasi seluruh elemen dalam mewujudkan Pemilu agar berjalan lancar dan aman,” ucapnya secara singkat.

Adapun yang menjadi narasumber dalam acara Ngabuburit Pengawasan yakni Munajat (Panwaslu Provinsi Banten), dan Ibnu Jandi yang merupakan Direktur Kebijakan Publik. Acara ini juga dihadiri oleh Camat Tangerang dan Lurah Tanah Tinggi.(ydh)

Komentar Anda

comments