DKP Kota Tangerang Bangun Pojok Uji Keamanan Pangan di 10 Pasar

Palapanews.comUntuk memberikan perlindungan kepada masyarakat dari penggunaan bahan berbahaya pada produk makanan, Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang akan membangun 10 unit Pojok Uji Keamanan Pangan yang berlokasi di 10 pasar.

Ada 10 pasar yang akan dibangun Pojok Uji Keamanan Pangan di 2023 yakni Pasar Bengkok, Plaza Baru Ciledug, Pasar Saraswati, Pasar Duta Garden, Pasar Kebon Besar Batuceper, Fresh Market Green Lake City, Sabar Subur Tangerang, Lion Superindo Gondrong, Lulu Hypermart Cibodas dan GS The Fresh Supermarket Cipondoh.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Muhdorun menyampaikan, sesuai Undang-undang nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan, Pemerintah berkewajiban menjamin penyelenggaraan keamanan pangan di setiap rantai pangan secara terpadu. Salah satu caranya, dengan pemberian jaminan keamanan dan mutu pangan, sehingga kemurnian dan keamanan suatu produk dapat dipertanggungjawabkan.

“Dari 11 Pojok Uji Keamanana yang telah ada. Kami akan menambahkannya lagi di 10 pasar. Masyarakat dapat memanfaatkan layanan pengujian kandungan berbahaya pada pangan secara gratis. Sehingga, masyarakat bisa lebih memastikan secara pasti keamanan pangan-pangan yang mereka beli di pasar-pasar tersebut,” kata Muhdorun, Kamis, 30 Maret 2023.

Dengan layanan ini, kata Muhdorun, masyarakat bisa lebih cerdas dalam berbelanja produk bahan makanan di pasar-pasar Kota Tangerang. Produk pangan harus terjamin keamanannya. Tentu, tak selesai sampai disitu, DKP Kota Tangerang akan tetap rutin melakukan uji sampel pada pangan yang diperjual belikan secara berkala diseluruh pasar di Kota Tangerang, untuk menghindari penggunaan bahan berbahaya.

“Untuk melihat cemaran residu pestisida, formalin atau kandungan lainnya pada pangan yang beredar di Kota Tangerang, harus dilakukan kewaspadaan dan pengawasan secara bersama-sama,” ucapnya.(ydh)

Komentar Anda

comments