Pemkot Tangerang Raih Penghargaan karena Berhasil Lewati Target UHC Nasional

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang dianggap berhasil dalam mewujudkan Cakupan Kesehatan Semesta atau Universal Health Coverage (UHC). Hal ini seiring diraihnya penghargaan dari BPJS Kesehatan yang dibagikan di Balai Sudirman Jakarta, Selasa, 14 Maret 2023.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah yang ditemui seusai acara berharap penghargaan tersebut bisa memotivasi Pemerintah Kota Tangerang untuk terus memberikan pelayanan kesehatan yang berkualitas kepada seluruh masyarakat.

“Terima kasih atas kepercayaan pemerintah pusat, sehingga Kota Tangerang mendapatkan UHC mudah-mudahan ini menjadi komitmen kami untuk bisa memberikan pelayanan semesta bagi masyarakat kota Tangerang, ” imbuhnya.

UHC atau Cakupan Kesehatan Semesta sendiri merupakan amanah dari Inpres Nomor 1 tahun 2022 untuk mewujudkan target 98 persen penduduk Indonesia terlindungi kesehatannya melalui alokasi anggaran dan pembayaran iuran serta bantuan iuran yang didaftarkan oleh Pemerintah Daerah.

“Tentunya hasil ini juga berkat dukungan banyak pihak, mulai dari masyarakat, BPJS dan juga DPRD yang telah mendukung program UHC di Kota Tangerang, ” tutur Wali Kota.

Sementara itu, untuk Kota Tangerang sendiri, capaian jaminan kesehatannya sudah diatas target UHC yaitu sebesar 99,04 persen atau 1.854.936 peserta dengan 375.350 peserta adalah penerima program Pembayaran Bantuan Iuran melalui pendanaan APBD.

“Capaian UHC Kota Tangerang 99,04 persen dan 375.350 pesertanya adalah PBI dari APBD,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Tangerang, Dinny Anggraeni.

Sebagai informasi sebagai bentuk perhatian Pemerintah Kota Tangerang dalam pelayanan kesehatan, selama satu dasa warsa terakhir telah ada program Jaminan Kesehatan dan Pengobatan yang Dibiayai Pemerintah (Jabat Sehat) bagi seluruh masyarakat kota Tangerang. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan tersebut secara cuma-cuma di 35 RS yang ada di kota Tangerang dengan catatan di kelas 3.

Penghargaan dari BKKBN

Langkah Pemerintah Kota Tangerang dalam menekan angka stunting kembali mendapatkan apresiasi. Kali ini dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat memberikan penghargaan kepada Kota Tangerang sebagai Kabupaten/Kota dengan Penurunan Terbaik III Prevalensi Balita Stunted Tahun 2022 tingkat Provinsi Banten.

Penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Banten, Rusman Efendi, kepada Wakil Wali Kota Tangerang, Sachrudin pada acara Rapat Koordinasi Daerah Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana (Bangga Kencana) dan Percepatan Penurunan Stunting Tahun 2023.

“Alhamdulillah, ini berkat dari semangat dan kerja keras bersama dalam menanggulangi stunting di Kota Tangerang,” ujar Sachrudin usai kegiatan yang di gelar di Aula Multatuli Setda Kabupaten Lebak, Banten, Selasa, 14 Maret 2023.

Kota Tangerang, kata Wakil Wali Kota menjadi salah satu kota terbaik dengan penurunan angka prevalensi stunting tertinggi se Provinsi Banten, di mana angka prevalensi kasus stunting tahun 2022 mengalami penurunan menjadi 11,8 persen dibanding pada tahun 2021 yang berada di angka 15,3 persen merujuk pada data Survei Status Gizi Indonesia (SSGI).

“Peningkatkan kualitas keluarga, SDM dan generasi masa depan ini jadi tanggung jawab bersama. Dengan selalu menjaga sinergitas dan kolaborasi, Kota Tangerang yang bebas stunting bisa kita wujudkan bersama di masa depan,” pungkas Sachrudin.

Dalam kesempatan tersebut, Kota Tangerang juga mendapatkan bantuan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Sub Bidang KB dan BOKB T.A 2023 senilai Rp6.120.936.000 dan Hibah Alat Kontrasepsi dan Non Alokon untuk pelayanan KB Tahun 2023 senilai Rp684.313.017. (adv)

Komentar Anda

comments