Ekonomi Mikro Islam

Palapanews.com – Buku ini menjelaskan fondasi beberapa aspek mikro dalam ekonomi Islam. Buku ini terdiri atas 12 bab yang secara keseluruhan mendiskusikan topik-topik utama dalam ekonomi mikro seperti aspek rasionalitas, perilaku ekonomi, teori konsumsi, teori produksi, mekanisme dan struktur pasar, serta kebijakan intervensi pemerintah.

Pembahasan buku ini diawali dengan ulasan tentang kondisi perkeonomian yang mengalami problematika karena keterbatasan konsep dalam ekonomi konvensional dan alasan mengapa ekonomi Islam berpotensi untuk membantu menyelesaikan permasalahan tersebut. Kemudian, dilanjutkan membahas konsep rasionalitas dalam ilmu ekonomi dan perbandingannya dengan ekonomi Islam serta mengevaluasi konsep rasionalitas tersebut sehingga sesuai dengan asumsi individu yang berperilaku sesuai dengan prinsip Islam.

Selanjutnya, buku ini membahas terkait bagaimana memaksimalkan kesejahteraan dalam ilmu ekonomi dan ilmi ekonomi Islam, serta kendala yang timbul dalam upaya maksimisasi kesejahteraan dalam Islam. Pembasahan selanjutnya mengenai konsep konsumsi dan perilaku konsumen dari perspektif ilmu ekonomi dan Islam dalam bentu narasi, grafis, dan matematis.

Kemudian, membahas produksi dan perilaku produsen. Sementara pembahasan pasar faktor produksi dimulai dengan penjabaran dan evaluasi dari konsep pasar faktor produksi dalam sudut pandang ekonomi konvensional.

Bab akhir membahas pengambilan keputusan dalam masyarakat sesuai dengan teori pilihan sosial. Pembahasan ini meliputi beberapa aksioma dalam membentuk masyarakat Islami dan bagaimana mendorong masyarakat dari ekonomi yang berorientasi individu menjadi orientasi publik. (GPU/red)

Komentar Anda

comments