Kerja Sama DPR RI – BPDPKS Gelar Bimtek Sawit Baik di Way Kanan Lampung

Palapanews.com – Bimbingan Teknis (BIMTEK) dan Expo ‘Sawit Baik 2022’ diikuti oleh para petani sawit berlangsung di Hotel Grand Sinar, Kabupaten Way Kanan, Provinsi Lampung, pada Sabtu (15/10/ 2022).

Kegiatan tersebut hasil kolaborasi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) bekerja sama dengan Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) dan Jaringan Indonesia Muda (JIM).

Anggota Komisi IV DPR RI Hanan A. Rozak menegaskan akan mendukung penuh acara BIMTEK dan EXPO Sawit 2022. Adapun kegiatan ini, mengusung tema ‘Hilirisasi Sawit Menuju Ketahanan Ekonomi Nasional’.

“Saya berharap dengan diselenggarakannya acara ini mampu meningkatkan pemahaman para petani sawit agar mampu memelihara tanaman sawit dengan baik, agar mampu tumbuh dan berkembang secara optimal,” tandas A. Rozak Minggu (16/10/2022).

Sementara itu Achmad Maulizal Sutawijaya, perwakilan BPDPKS mengatakan, kegiatan ini penting untuk diikuti dan dijalani dengan khidmat oleh seluruh peserta. “Saya (selaku perwakilan BPDPKS, red) mendukung secara penuh kegiatan ini, guna menguatkan pemahaman para petani sawit Way Kanan dalam melakukan hilirisasi yang baik pada pengelolaan kebun sawitnya,” tegasnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Bidang Produksi Elya Rusmaini sebagai perwakilan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Lampung, mengutarakan, sangat berharap bahwa dengan adanya BIMTEK dan Expo Sawit 2022, para peserta dapat menerapkan apa-apa yang telah disampaikan oleh narasumber, yang telah hadir pada kegiatan ini terhadap perkebunan sawit yang dimiliki.

“Saya informasikan bahwa pada tahun ini terdapat kuota 500 hektar untuk Kabupaten Way Kanan, yang harapannya bisa dimanfaatkan dengan baik oleh masyarakat setempat sebagai lahan perkebunan sawit,” terang Elya.

Sementara Rusdi, salah satu petani sawit di Kabupaten Way Kanan sekaligus peserta mengkui, bahwa masyarakat banyak mendapat pengetahuan baru yang memang sebelumnya tidak diketahui. “Hasil dari kegiatan ini, diharap mampu memberi edukasi dan pemahaman tentang sawit dari mulai hulu hingga ke hilirnya,” tutupnya.

Diinformasikan, BIMTEK dan Expo Sawit 2022 dibimbing oleh 3 trainer dari Best Planter Indonesia yang dipimpin oleh Ir. Heri DB, MM, CPNC , hadir juga Ir. Syarif Bastaman, M.Sc, dan Awang Suwarmoto. Pada kesempatan itu ketiga trainer yang hadir menyampaikan hal-hal berkaitan dengan penanaman pemahaman soal hilirisasi, yang harus mampu dilakukan oleh para petani sawit saat ini.

Acara tersebut dihadiri oleh Ir. H. Hanan A. Rozak, M.S selaku Anggota Komisi IV DPR RI, Achmad Maulizal Sutawijaya (Kepala Divisi Perusahaan BPDPKS), serta Kepala Dinas Perkebnunan Provnsi Lampung yang dalam hal ini diwakili oleh Ir. Elya Rusmaini, M.M. (bd)

Komentar Anda

comments