KA LPK Banten Nilai BLK Milik Pemkot Tangerang, Dua Jurusan bakal Terakreditasi

banner 500x1200

Palapanews.com- Untuk meningkatkan kualitas pelatihan kerja yang ada di Kota Tangerang, Komite Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja Provinsi Banten (KA LPK) melakukan penilaian terhadap dua jurusan yang berada di Balai Latihan Kerja (BLK) milik Pemerintah Kota Tangerang.

Dua jurusan yang dinilai oleh Akreditasi Lembaga Pelatihan Kerja Provinsi Banten yakni jurusan komputer dan jurusan menjahit, hal ini disampaikan langsung oleh Ketua KA LPK Provinsi Banten, Dadang, Kamis, 29 September 2022.

Menurut Dadang, penilaian terhadap jurusan menjahit dan komputer ini bertujuan agar memiliki standar kompetensi kerangka mutu pelatihan kerja Indonesia. Nantinya, yang akan dinilai dengan beberapa kurikulum.

“Jadi dari Kementerian Ketenagakerjaan ada lembaga untuk membuat standar pelatihan agar memiliki standar kompetensi kerangka mutu pelatihan kerja Indonesia. Kita hadir untuk melaksanakan hal itu,” kata Dadang.

Dadang menerangkan, adanya akreditasi tentunya akan meyakinkan lembaga pelatihan kerja tersebut memiliki standar. Dari situ, pihaknya akan mengevaluasi atau memvalidasi apakah ada kekurangan syarat atau kelengkapan lainnya.

“Ketentuannya dari Peraturan Menteri Ketenagakerjaan, bahwa lembaga pelatihan kerja harus terakreditasi dalam waktu tiga tahun. Kalau tidak izinnya boleh dicabut, wajib hukumnya,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kota Tangerang, Ujang Hendra Gunawan mengungkapkan, Pemerintah Kota Tangerang memiliki empat BLK yang berlokasi di Kecamatan Cibodas, Benda, Cipondoh, dan Larangan. Dari keempat BLK tersebut, tersedia berbagai jurusan seperti perhotelan, menjahit, pendingin hingga otomotif (sepeda motor).

“Kita mengikuti akreditasi agar kualitas pelatih dan SDM (peserta BLK) memiliki kualitas terbaik. Serta untuk mendapat bantuan dari pemerintah pusat, program pusat untuk meningkatkan kualitas pelatihan kerja,” katanya didampingi Kepala UPT BLK Cibodas, Trudo Ramajaya Samosir.

Ujang menambahkan, program pertama Dinas Ketenagakerjaan adalah mengakreditasi BLK milik Pemerintah Kota Tangerang. Kali ini, yang mengikuti akreditasi dua dari empat jurusan yang ada di BLK Cibodas.

“Lulusan dari BLK ini juga akan mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi,” jelasnya. (adv)

Komentar Anda

comments