Dinas Perkimtan Kota Tangerang Wajibkan Bangunan Gedung Miliki SLF

banner 500x1200

Palapanews.com- Untuk memenuhi persyaratan dan administrasi dalam pembangunan gedung yang ada di Kota Tangerang, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kota Tangerang terus melakukan sosialisasi kepada masyarakat, khususnya pemohon dalam mengurus izin bangunan gedung yakni sertifikat laik fungsi (SLF).

Sertifikat Laik Fungsi (SLF) Bangunan Gedung berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 16 Tahun 2021 harus sesuai dengan Dasar Hukum Sertifikat Laik Fungsi (SLF) Bangunan Gedung yakni Undang-undang Nomor 28 Tahun 2002 tentang Bangunan Gedung serta Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2021 tentang Peraturan Pelaksanaan UU Tahun 28 Tahun 2002.

Kepala Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan (Perkimtan) Kota Tangerang, Sugiharto Achmad Bagdja menerangkan, setiap bangunan gedung harus memiliki sertifikat laik fungsi. Sebab, dengan adanya sertifikat laik fungsi, Pemerintah Kota Tangerang (Dinas Perkimtan) Kota Tangerang dapat menyatakan kelaikan fungsi bangunan gedung sebelum dapat dimanfaatkan.

“Sertifikat laik fungsi ini untuk mewujudkan tertib administrasi dalam proses pembangunan gedung, serta untuk menjamin keandalan tekni bangunan gedung dari berbagai sektor seperti keselamatan hingga kenyamanan,” kata Sugiharto Achmad Bagdja, Kamis, 29 September 2022.

Untuk memperoleh sertifikat laik fungsi yang dikeluarkan oleh Pemerintah Kota Tangerang, pemohon dapat melakukannya melalui Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung (SIMBG), dengan cara sebagai berikut:

1. Pemohon terlebih dahulu membuat akun di SIMBG (Sistem Informasi Manajemen Bangunan Gedung;

2. Pemohon meng-upload seluruh berkas yang disyaratkan dalam SIMBG, lalu mengirimkan (submit) permohonan SLF pada SIMBG;

3. Permohonan akan secara otomatis masuk ke dalam akun Dinas Teknis (Dinas Perkimtan Kota Tangerang) untuk dilakukan proses verifikasi berkas oleh Operator SIMBG.

“Setelah berkas dari pemohon dinyatakan lengkap oleh operator, pemohon akan dijadwalkan atau diundang oleh Dinas Teknis melalui SIMBG untuk melakukan Verifikasi Lapangan/Konsultasi Lapangan,” pungkas Kepala Dinas Perkimtan seraya menambahkan, setelah Verifikasi Lapangan/Konsultasi Lapangan dilakukan, maka Dinas Perkimtan akan menyusun berita acara (BA) Hasil Verifikasi Lapangan/Konsultasi Lapangan;

“Berita Acara akan di-upload dalam SIMBG sebagai Hasil Verifikasi Lapangan/Konsultasi Lapangan. Setelah Hasil Verifikasi Lapangan/Konsultasi Lapangan di-upload akan secara otomatis masuk ke dalam Akun Kepala Dinas Teknis (Kadis Perkimtan Kota Tangerang) untuk dilakukan validasi permohonan,” paparnya.

Sementara itu, Surat Pemenuhan Standar Teknis dan Surat Keputusan SLF akan tersedia dalam bentuk PDF pada SIMBG setelah dilakukan validasi. Sedangkan untuk pencetakan Hardcopy SK sertifikat laik fungsi, pemohon dapat datang ke Dinas PMPTSP. (adv)

Komentar Anda

comments