BKPSDM Kota Tangerang Gelar Pelatihan di Luar Daerah, BJ: Pentingkan SPPD, PAD pun Terbuang

banner 500x1200

Palapanews.com Untuk menciptakan sumber daya manusia Aparatur Sipil Negara (ASN) Kota Tangerang yang unggul berkualitas dan berdaya saing, Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang menggelar Pelatihan Effective Leadership bagi Pejabat Struktural di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang, bertempat di Hotel Vega Gading, Serpong, Selasa, 27 September 2022.

Pelatihan yang melibatkan 30 pejabat eselon tiga ini dibuka langsung oleh Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah. Orang nomor satu di Kota Tangerang ini menyampaikan, komitmen Pemkot Tangerang untuk terus menciptakan SDM yang berkualitas.

“Bapak Ibu semua adalah orang terpilih yang menjadi motor penggerak dalam memberikan pelayanan terbaik bagi maayarakat,” ucap Arief.

Arief menerangkan, peran kepemimpinan sangat penting, tidak hanya untuk mencapai kesuksesan, tapi bagaimana kesuksesan itu bisa dicapai dengan proses partisipatif dari semua anggota.

“Pemimpin itu harus ada di belakang, di tengah – tengah dan di depan, di belakang mendorong di tengah menggerakan dan di depan menjadi panutan. Budayakan bekerja sama dan sama – sama bekerja,” tambahnya.

Melalui pelatihan ini, kata Wali Kota, para peserta dapat memiliki kemampuan memahami kekuatan dan kelemahan diri sebagai pemimpin dan memiliki kemampuan memberikan motivasi dan pembinaan bagi anggotanya guna mewujudkan bersama Kota Tangerang yang maju, sejahtera dan berdaya saing.

“Kesigapan rekan-rekan semua sangat dibutuhkan di dalam organisasi Pemerintah Kota Tangerang, keluarkan kemampuan dengan optimal sehingga bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat,” tukas Wali Kota Tangerang

Sebelumnya, BKPSDM Kota Tangerang juga menggelar Pelatihan Manajemen Perubahan (Change Management) dalam Rangka Penilaian Reformasi Birokrasi di Lingkungan Pemerintah Kota Tangerang yang bertempat di Aula Hotel Vega, Gading Serpong, Kabupaten Tangerang, Selasa, 20-22 September 2022.

Sementara itu, Pengamat Politik dan Pemerintahan Indonesia, Hasanudin BJ mengapresiasi langkah yang dilakukan Pemerintah Kota Tangerang melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Tangerang untuk meningkatkan kualitas SDM para ASN Kota Tangerang untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat.

“Pembekalan atau pelatihan ini sangat penting agar ASN Kota Tangerang lebih produktif dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta memahami peraturan-peraturan yang berlaku sehingga tidak melanggar aturan saat menjalankan tugas,” pungkas Hasanudin BJ.

Disisi lain, pria yang akrab disapa BJ ini juga mengkritisi BKPSDM Kota Tangerang dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lainnya yang sering kali memilih tempat kegiatan di daerah lain. Padahal, Kota Tangerang memiliki hotel berbintang yang bisa digunakan untuk tempat kegiatan.

“Kalau pilihnya di luar Kota Tangerang secara otomatis pendapatan dan pajaknya akan lari ke daerah lain. Coba jika pilih hotel di Kota Tangerang tentunya pajaknya akan kembali lagi ke Kota Tangerang,” papar BJ.

BJ menambahkan, dengan memilih hotel di Kota Tangerang tentunya akan menghidupkan sektor pariwisata, dan membantu para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya.

“Sudah jelas saat ini pendapatan di Kota Tangerang tidak mencapai target. Dan, Wali Kota Tangerang juga berharap agar capaian pendapatan daerah sesuai dengan target,” tegas BJ seraya menambahkan, jangan hanya mengharapkan Surat Perintah Perjalanan Dinas (SPPD) pegawai, tapi kepedulian untuk meningkatkan sektor pariwisata (hotel) di Kota Tangerang semakin lemah.

“Tingkatkan sektor pariwisata (hotel) di Kota Tangerang dengan mengadakan kegiatan di wilayah sendiri. Sebab, hasilnya (pendapatan asli daerah) akan kembali lagi ke Kota Tangerang untuk kepentingan masyarakat Kota Tangerang,” jelasnya.

Berdasarkan data yang diterima, jika pelaksanaan pelatihan yang digelar selama tiga hari tersebut menghabiskan anggaran sekitar Rp90 juta.(ydh)

Komentar Anda

comments