Kecamatan Neglasari Buka Pelatihan Digital Marketing dan Inkubasi untuk UMKM di Kampung Pendora

Palapanews.com Untuk kembangkan UMKM di Kota Tangerang, Kecamatan Neglasari menggandeng AirNav Indonesia untuk menggelar pelatihan digital marketing serta inkubasi UMKM,  Kamis, 15 September 2022.

Acara yang berlokasi di Kampung Tematik Pendora, RW 007, Kelurahan Karang  Anyar ini langsung dihadiri oleh Camat Neglasari, Tb. Sani Soniawan.

Camat Neglasari mengatakan, pelatihan ini melibatkan 100 UMKM yang ada Kelurahan Karang Anyar. Tak sekadar pelatihan secara materi, lewat Airnav Indonesia pelaku  UMKM juga akan dilakukan pembinaan secara mendalam.

“Peserta akan didampingi untuk menyusun skenario pemasaran hingga konsep marketing lewat¬† digital. Sehingga, produk-produk yang mereka miliki bisa dipasarkan atau dikenal oleh pasar yang¬† lebih luas lagi. Tujuan akhirnya, ialah omzet para pelaku UMKM di Karang Anyar bisa naik,” ujar Camat Neglasari.

Soni menerangkan, saat ini Kampung Pendora menjadi salah satu kampung tematik yang memiliki kemandirian ekonomi. Beragam acara di lingkup kampung dan kelurahan, diusahakan menggunakan jasa dan produk para pelaku UMKM setempat.

“Yang paling sering ialah fasilitas makan minum di setiap acara, dibeli dari produk-produk UMKM¬† Kampung Pendora. Sehingga, uang yang ada bisa terus berputar. Kalau produk khusus di sini yang¬† sedang dikembangkan ialah susu murni dengan olahan rempah,” kata Sani.

Lurah Karang Anyar, Andia S Rahman menyampaikan, ucapan terima kasih kepada AirNav Indonesia melalui tim Tanggung Jawab Sosial Lingkungan (TJSL) yang dinilai responsif terhadap  kebutuhan masyarakat.

“Kami sering menyampaikan informasi dan menyampaikan kebutuhan- kebutuhan masyarakat dan langsung direspon,” kata Andia.

Andia mengungkapkan, pasca pandemi kebangkitan ekonomi harus dioptimalkan. Sebab, Kampung Pendora hadir bertransformasi guna pengembangan peningkatan kapasitas ekonomi.

“Sudah beberapa kegiatan yang kami lakukan di Kampung Pendora yang memang memberikan¬† dampak terhadap perputaran uang di sini, seperti kemarin saat KKN Universitas Brawijaya, Kampung Pendora mendapat perputaran uang sebanyak Rp 120 juta dalam sebulan dengan¬† menyediakan makan minum untuk 40 mahasiswa KKN, hari ini pun demikian, UMKM lewat penyediaan¬† snack UMKM kami pun merasakan dampaknya,” pungkasnya.

Sementara itu, Manajer CSR atau  TJSL AirNav Indonesia Hermawansyah mengatakan, Kementerian BUMN memberi arahan agar pihaknya fokus pada tiga program yakni; terkait pendidikan, lingkungan dan pengembangan UMK. Sehingga sejalan dengan arahan Kementerian BUMN, semua BUMN  harus mengoptimalkan program pendanaan usaha mikro kecil (PUMK).

“Hari ini kita lihat bahwa sejalan dengan Pemkot Tangerang untuk menaikkelaskan UMKM, lalu¬† diadakan program marketing digitalisasi serta inkubasi UMKM. Kita harapkan ini menjadi awal¬† untuk menginkubasi. Sebab untuk UMKM naik kelas, tidak hanya tahapan digital saja, tapi mereka juga harus ada¬† persyaratan admininstrasinya berkembang melakukan sertifikasi halal dan akan masuk dunia¬† global,”¬†jelasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments