Tips dan Trik Menjadi Kurir yang Andal dan Terpercaya

Palapanews.com- Di zaman yang serba digital seperti sekarang ini banyak orang yang melakukan berbagai aktivitas hanya dari smartphone saja. Salah satunya adalah melakukan aktivitas jual beli, seperti berjualan di marketplace maupun sosial media. Oleh sebab itu jasa ekspedisi sangat dibutuhkan saat ini. Hal itu dikarenakan dengan jasa ekspedisi maka pengiriman paket akan jauh lebih cepat.

Pekerjaan sebagai seorang kurir ekspedisi terkesan sepele dan mudah untuk dilakukan. Namun nyatanya pekerjaan ini tidak semudah yang dipikirkan, karena dibutuhkan ketelitian dan tenaga yang tidak sedikit. Karena tanggung jawab seorang kurur adalah untuk mengantar paket sampai ke tujuan dengan cepat dan aman tentunya. Nah, berikut ini kami akan memberikan informasi mengenai pengertian apa itu kurir, tanggung jawab kurir, cara daftar kurir serta tips menjadi seorang kurir yang andal.

Apa Itu Kurir?

Kurir adalah orang yang bertuhas untuk mengirimkan barang secara langsung. Pekerjaan ini sendiri sudah lama ada dan pada zaman dahulu orang lebih sering mengirimkan surat atau barang.

Masyarakat Indonesia sendiri lebih mengenal kurir sebagai seorang yang mengantarkan paket ke rumah dengan menggunakan motor maupun mobil Saat ini kurir menjadi pekerjaan yang sangat dibutuhkan sekaligus diincar oleh banyak orang. Karena memang saat ini banyak orang yang berbelanja secaara oline. Pekerjaan ini juga banyak diminati karena sistem kerjanya yang fleksibel. Namun tetap tugas dan tanggung jawabnya tidak bisa di bilang sepele.

Tugas dan Tanggung Jawab Kurir

Meskipun banyak orang yang menganggap jika pekerjaan kurir terkesan sederhana dan mudah untuk dilakukan. Namun sebenarnya pekerjaan ini sangatlah membutuhkan ketelitian serta tenaga yang tidak sedikit karena harus mengantarkan barang ke tangan pelanggan dengan aman dan tepat waktu.

Pekerjaan seorang kurir dimulai dari mengambil paket yang ada di kantor. Kemudian mengecek data dari paket tersebut dan mengkonfirmasi ke pihak admin jika ia yang akan mengirimkan paket tersebut ke tangan pelanggan. Diluar itu ada beberapa tugas dan tanggung jawab dari kurir, di antaranya sebagai berikut.

  • Melakukan pendataan status pengiriman barang agar bisa di pantau oleh pelanggan.
  • Melakukan pengiriman ke alamat yang telah di tetapkan.
  • Memastikan barang dalam kondisi aman dan tidak ada kecacatan dalam pengemasan.
  • Menjalankan pengiriman sesuai standar operasional perusahaan.
  • Menjaga data pengirim dan penerima barang.
  • Menerima pembayaran, jika pelanggan meenggunakan sistem COD.
  • Memberikan laporan dan data ke pihak admin perusahaan.

Cara Daftar Kurir

Juka berbicara soal cara mendaftar jadi kurir di suatu perusahaan ekspedisi kita tidak menyamaratakan semuanya. Karena setiap perusahaan memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda. Akan tetapi syarat secara umumnya bisa kamu lihat di bawah ini:

  • Adalah pria atau wanita Warga negara Indonesia.
  • Memiliki KTP.
  • Mempunyai SIM.
  • STNK dengan pajak berlaku.
  • SKCK berlaku.
  • Maksimal umur 25 tahun.
  • Sehat baik rohani maupun jasmani.
  • Penampilan rapi serta sopan.
  • Bekerja cekatan dan menguasai wilayah operasional.
  • Mempersiapkan smartphone dengan nomor aktif.
  • Alamat email.

Adapun untuk mendaftarnya kamu bisa langsung menghubungi pihak perusahaan atau pergi ke kantornya saja. Beberapa perusahaan ekspedisi yang sering jadi incara seperti JNE, J&T, Ninja, SiCepat, AnterAja, Deliveree, TIKI, POS Indonesia dan masih banyak lagi lainnya.

Tips Menjadi Seorang Kurir yang Anndal

Jika kamu berniat menjadi seorang kurir, maka beberapa tips di bawah ini pasti akan bermanfaat untuk kamu.

1. Familiar dengan Banyak Lokasi

Sebagai seorang kurir tentu saja akan menghabiskan banyak waktu di jalanan untuk mencari alamat penerima barang. Agar proses pengiriman bisa lancar dan tepat waktu, maka kamu perlu memahami peta GPS atau setidaknya sudah familiar di banyak lokasi, agar kamu tidak tersesat.

2. Teliti dan Disiplin

Dalam pekerjaan apapun, kedisiplinan menjadi aspek yang sangat penting. Termasuk dalam pekerjaan pengiriman barang atau kurir. Karena sifat disiplin akan membantu produktifitas kamu dalam mengirimkan barang ke tangan pelanggan. Ketelitian juga diperlukan agar kamu tidak salam membaca data paket yang hendak dikirim.

3. Memiliki Kendaraan Pribadi

Ada baiknua jika ingin mendaftar menjadi kurir di perusahaan ekspedisi kamu telah memiliki kendaraan pribadi alias bukan milik orang lain. Hal ini demi kenyamanan kamu saat bekerja nanti. Selain itu, jika terjadi razia kendaraan di jalan kamu juga tidak perlu khawatir karena semua surat kendaraan pasti ada padamu.

4. Bersikap Ramah

Sebagai seorang kurir tentu kita akan langsung bertatap muka dengan penerima barang. Oleh sebab itu, sikap ramah tamah harus dimiliki oleh seorang kurir. Hal ini selain akan memberikan kesan baik di mata pelanggan juga sekaligus akan menjaga nama baik perusahan ekspedisi. Karena tak sedikit perusahaan ekspedisi yang dipandang buruk karena kurirnya yang tidak ramah saat mengirimkan barang ke palanggan.

5. Jujur dan Bertanggung Jawab

Kejujuran adalah faktor penting yang perlu kamu miliki. Karena tugas kurir adalah untuk mengirimkan barang dengan aman ke pelanggan. Jadi jangan sampai kamu mengambil barang tersebut. Sikap tanggung jawab atas barang yang akan dikirimkan juga sangat diperlukan. Karena setelah kamu menerima barang yang hendak dikirim, itu artinya kamu telah memiliki tanggung jawab untuk menyerahkan barang tersebut sampai ke tangan pelanggan.

6. Cekatan

Sebagai seorang kurir sikap cekatan dan menghargai waktu sangatlah penting. Karena biasanya pekerjaan ini memiliki sistem sift atau jam kerja 8 hingga 10 jam dalam sehari. Sehingga kamu perlu cekatan dan menghargai waktu, baik itu waktu dirisendiri maupun waktu dari temanmu. Agar semuanya bisa berjalan dengan baik dan tidak ada kendala pengiriman.

Nah itulah tadi sedikit informasi yang kami berikan terkait tips menjadi kurir yang anda;, serti bagaimana cara daftar jadi kurir dan segala hal mengenai profesi seorang kurir. Semoga pembahasan kali ini membantu kamu yang berniat menjadi seorang kurir. (*)

Komentar Anda

comments