UMN Buat Film Bareng KPK, Premiere Pemutaran Disambut Antusias Mahasiswa

banner 500x1200

Palapanews.com – Kolaborasi UMN bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menghasilkan 5 Film Dokumenter Anti Gratifikasi Inspiratif. “Premiere Pemutaran Film KPK” ini, mendapat sambutan antusias ratusan mahasiswa UMN.

Film ini, diproduksi dosen dan mahasiswa lintas prodi Universitas Multimedia Nusantara (UMN), yakni prodi Film UMN dan Digital Jurnalistik UMN.

“Bersama dengan UMN, kita sampaikan ke masyarakat bahwa inilah cara memberantas korupsi dari hal yang kecil-kecil,” ungkap Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan.

Isi film dokumenter ini, mengangkat kisah inspiratif tentang lima insan penggerak antigratifikasi berasal dari Unit Pengendalian Gratifikasi (UPG) masing-masing; Musdalipa di Pangkajene, Rifqi Abdillah di Probolingo, Budi Ali Hidayat di Cimahi, Achmad Nasution di Boyolali, dan Badrul di Sumenep.

Baca juga : Kolaborasi BI -UMN, Program Praktisi Mengajar BI Institute dan UMN Resmi Dilaunching

“Ini jadi salah satu medium kreatif yang diharapkan dapat menjadi sumber informasi yang menarik, imersif yang mampu menanamkan prinsip antigratifikasi secara lebih transparan dan menarik,” ujar Dekan Fakultas Seni dan Desain Muhammad Cahya Mulya Daulay.

Salah satu dosen Film UMN yang terlibat dalam produksi film ini, Petrus Damiami Sitepu menyebut karya dokumenter tersebut akan jadi bahan sosialisasi oleh Jaringan Pencegahan Korupsi (JAGA) KPK di seluruh provinsi Indonesia. Ia pun berharap film ini dapat menginspirasi masyarakat untuk tidak menerima gratifikasi yang menjadi akar korupsi.

Baca juga : UMN Gandeng UiTM Teken Mou, Ini 4 Point Kerjasama

Pada Kamis, 25 Agustus 2022, kisah-kisah setiap insan inspiratif itu tayang secara perdana di Lecture Theater UMN. Totalnya jadi lima judul film terdiri-dari :  “Integer”, “Boyolali Terseyum”, “Rumah Kejujuran”, “Uang Nikah”, dan “Jalan Kebaikan”. Jajaran KPK hingga mahasiswa UMN turut meramaikan pemutaran perdana film dokumenter ini.

Bersamaan itu pula dilaksanakan penekenan Nota Kesepahaman (MoU) antara UMN dan KPK. Proses itu diwakilkan oleh Dekan Fakultas Seni dan Desain Muhammad Cahya Mulya Daulay dan Direktur Gratifikasi dan Pelayanan Publik Herda Helmijaya.

Kerja sama ini akan membuka banyak peluang bagi mahasiswa UMN, salah satunya magang di KPK. Di sisi lain, Deputi Pencegahan dan Monitoring KPK Pahala Nainggolan mengatakan manfaat kolaborasi ini juga dapat terus berkembang. Hingga kini, UMN dan KPK telah menggarap proyek video sebanyak dua kali. Sebelumnya, UMN juga pernah membantu pembuatan video untuk aplikasi JAGA KPK pada 2017. (bd)

Komentar Anda

comments