Pengasuh: Profesi yang Sering Disepelekan Tapi Gajinya Tinggi

Palapanews.com- Pengasuh merupakan salah satu profesi yang kerap dianggap sepele oleh masyarakat. Padahal profesi pengasuh ternyata memiliki banyak keunggulan, seperti gaji tinggi, sampai liburan gratis dari majikan.

Tidak hanya itu, ternyata untuk bisa menjadi pengasuh pun perlu ilmu yang tidak sembarangan. Bahkan di beberapa penyedia jasa pengasuh, untuk bisa melakoni profesi ini butuh tingkat pendidikan yang perlu dikuasai.

Bahkan, pengasuh pun memiliki tingkatan tertentu berdasarkan kompetensi dan pengalaman yang dimiliki. Hal itu membuktikan bahwa profesi pengasuh bukan pekerjaan sembarangan orang.

Ada berbagai hal yang perlu diperhatikan jika Anda menjadi pengasuh, termasuk salah satunya adalah penulisan CV yang benar. Maka dari itu, informasi lebih lengkap lagi mengenai CV pengasuh, sila klik link tersebut.

Sekilas Tentang Profesi Pengasuh

Pengasuh memiliki tugas untuk merangsang anak dengan berbagai kegiatan bermain. Selain itu, para pengasuh pun harus bisa mengelola berbagai macam perlengkapan harian anak. Secara tidak langsung, pengasuh berperan sebagai pendamping orang tua dalam hal mengelola pola asuh anak.

Peran penting pengasuh lainnya ialah memberikan informasi pola asuh anak kepada orang tua setiap hari. Dengan kata lain, pengasuh pun turut serta dalam mendukung perkembangan anak sembari berkolaborasi dengan orang tua.

Umumnya, pengasuh profesional bekerja di bawah yayasan penyalur. Kemudian, yayasan itu menghubungkannya dengan orang tua anak atau bayi yang hendak diasuh. Sehingga, pekerjaan ini pun bisa dibilang tidak hanya sekadar mengurus anak.

Selain yayasan, ada juga pengasuh yang disalurkan dari rumah sakit atau sekolah keperawatan. Hal ini dilakukan dengan tujuan mendampingi atau mengasuh anak berkebutuhan khusus.

Skill yang Dibutuhkan

Pengasuh profesional harus memiliki sejumlah skill, keahlian, dan pengetahuan yang dibutuhkan dalam bekerja. Hal ini ditujukan supaya proses bekerja dalam mengembangkan pola asuh anak bisa efektif.

Berikut ini adalah beberapa skill dan ilmu yang harus dimiliki para para pengasuh profesional.

  1. Keahlian dalam ilmu keperawatan
  2. Skill dalam ilmu Psikologi
  3. Pengetahuan dalam pendidikan usia dini
  4. Ilmu kesehatan yang mumpuni
  5. Skill manajemen waktu yang baik
  6. Keahlian komunikasi yang efektif dan baik
  7. Menguasai bahasa Asing untuk kepentingan komunikasi dan edukasi

Skill dan keahlian di atas tentu dimiliki oleh mereka yang menjalani pendidikan terlebih dahulu. Dengan kata lain, para pengasuh yang kerap disepelekan banyak orang, merupakan orang dengan segudang ilmu dan pengetahuan demi memberikan edukasi terbaik terhadap anak.

Jenjang Karir

Salah satu keunggulan lain dari profesi pengasuh ini adalah adanya jenjang karir profesional yang bisa didapat. Dengan demikian, profesi ini pun tidak kalah menjanjikan dari banyaknya profesi yang ada di dunia ini. Berikut penjelasan mengenai jenjang karir pengasuh paling lengkap.

  1. Pengasuh junior atau pemula. Bagi mereka yang baru memasuki profesi ini, tentu akan berada di klasifikasi pemula atau junior terlebih dahulu
  2. Pengasuh senior. Setelah sekian tahun menjadi pengasuh, pengalaman kerja pun akan bertambah dan jenjang karir pun akan naik ke level senior
  3. Kepala Pengasuh. Jenjang karir yang satu ini adalah jabatan paling tinggi dalam dunia pengasuh. Mereka tidak lagi berhubungan dengan anak atau keluarga yang butuh jasa pengasuh. Tetapi, mereka bertanggung jawab atas penyelenggaraan pengasuh anak.

Gaji Pengasuh

Seperti yang sudah disampaikan di awal artikel, ternyata profesi pengasuh memiliki gaji yang tinggi. Hal itu pun bisa menepis mereka yang menganggap rendah profesi mulia yang satu ini.

Tidak hanya itu, Anda pun punya kesempatan untuk bisa menjalani profesi ini di luar negeri. Salah satu negara yang paling banyak menerima pengasuh adalah Jepang. Sehingga, Anda pun bisa mendapatkan kesempatan itu.

Jika Anda memiliki kesempatan untuk menjadi pengasuh anak artis atau selebriti, tentu Anda akan mendapatkan keuntungan lain selain gaji. Anda akan mendapatkan followers yang banyak dan bisa menjadikannya ladang rezeki sebagai influencer.

Di lingkungan keluarga Kerajaan Inggris pun memiliki pengasuh. Dan, gaji para pengasuh di sana bisa mencapai Rp 514 juta sampai Rp 828 juta per tahun. Tentunya angka tersebut sangat fantastis.

Sementara di Indonesia, gaji seorang pengasuh junior berada di kisaran angka Rp 3 juta per bulan. Sementara untuk pengasuh senior dan kepala pengasuh memiliki gaji di kisaran angka Rp5 juta per bulan.

Angka di atas bukan hanya isapan jempol belaka, Anda bisa melihat bagaimana para pengasuh profesional yang menangani anak pejabat dan selebriti bertugas. Mereka pun bisa memiliki kehidupan yang layak bahkan sampai mampu liburan ke luar negeri. Dengan demikian, pengasuh adalah profesi yang menjanjikan.

Nah itu dia beberapa penjelasan mengenai profesi pengasuh dan gajinya. Profesi pengasuh memang kerap dipandang sebelah mata dan disepelekan oleh banyak orang. Akan tetapi, jika Anda memiliki kompetensi, kualitas, dan skill yang mumpuni bukan tidak mungkin Anda bisa menjadi pengasuh yang kaya raya. Tidak hanya menjanjikan, pengasuh pun memiliki tugas mulia yaitu mendukung perkembangan anak. Akan sangat membanggakan jika seorang pengasuh bisa membantu tumbuh kembang generasi muda yang akan menjadi pemimpin dunia. (red)

Komentar Anda

comments