JMSI Banten Bareng UMN Gelar Pelatihan Pengisian SPT Pajak Tahunan

Palapanews.com- Jaringan Media Siber Indonesia (JMSI) Pengurus Daerah (Pengda) Banten bersama Universitas Multimedia Nusantara (UMN) dan Direktorat Jenderal Pajak (DJP) Kanwil Banten menggelar pelatihan pengisian Surat Pemberitahuan Tahunan (SPT) Badan.

Kegiatan yang bertepatan dengan Hari Pajak Nasional 14 Juli ini digelar di Kampus UMN dan diikuti puluhan peserta yang mayoritas merupakan pemilik perusahaan media di Banten.

Kepala Seksi Bimbingan Penyuluhan dan Pengelolaan Dokumen pada DJP Kanwil Banten, Dwika Yuni menjelaskan, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Dwika mengatakan, kegiatan tersebut sangat membantu pemerintah khususnya Kementerian Keuangan melakukan sosialisasi kepada wajib pajak untuk melaporkan penghasilannya. Terlebih, sosialisasi pengisian SPT umumnya dilakukan sendiri oleh DJP Kanwil Banten.

“Kami merasa sangat terbantu. Ini merupakan bentuk gotong royong dari masyarakat untuk sadar akan perpajakan,” ujarnya.

Dwika mengatakan, masalah perpajakan tidak hanya mengenai kewajiban wajib pajak melakukan kewajibannya membayar pajak. Namun, penyusunan laporan keuangan tahunan wajib pajak pribadi maupun badan juga dapat menentukan perkembangan suatu negara.

“SPT Tahunan melekat bagi wajib pajak dan harus disampaikan tidak hanya sebatas membayar pajak,” tambahnya.

Direktur Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Universitas Multimedia Nusantara Winarno berharap, kegiatan yang baru dilakukan pertama kali tersebut dapat memberikan dampak positif bagi dunia perpajakan di Banten. Terlebih, kegiatan tersebut
bertepatan dengan program pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen program akuntansi.

“Melalui program tersebut, para dosen dapat menyampaikan ilmu yang dimilikinya sehigga dapat bermanfaat bagi masyarakat pengetahuannya,” ucapnya.

Baca Juga: Ketum JMSI: Pembangunan IKN Harus Dikawal

Ketua JMSI Banten Wahyu Hariyadi mengatakan, adanya program tersebut membantu para pemilik media untuk dapat ikut serta berkontribusi dalam membangun bangsa dan negara.

“Untuk menjadikan perusahaan yang tertib administrasi dan membantu negara dengan membayar pajak,” tandasnya.

Diketahui, pada kegiatan ini juga JMSI Pengda Banten menandatangani kesepakatan kerjasama dengan UMN. (red)

Komentar Anda

comments