Walikota Tangsel Dorong Warga Kembangkan Pertanian Hidroponik

Palapanews.com- Walikota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie mendorong masyarakat Tangsel untuk memanfaatkan teknologi dan mengembangkan pertanian hidroponik. Menurutnya, pertanian hidroponik bisa menjadi upaya ketahanan pangan, mengingat lahan pertanian di Tangsel minim.

“Tren hidroponik saat ini khusus di perkotaan sangatlah tinggi, oleh karenanya hidroponik bisa menjadi solusi untuk meningkatkan potensi pertanian organik dan ketahanan pangan di perkotaan,” kata Benyamin, dalam keterangan yang diterima, Selasa (5/7/2022) malam.

Menanam tanaman dengan sistem hidroponik, menurutnya merupakan cara yang ramah lingkungan karena budidayanya tidak membutuhkan pestisida secara berlebihan. Serta, bisa menjadi solusi untuk berkebun di lahan yang sempit atau terbatas.

“Kalau sudah paham hidroponik bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan pangan sendiri,” ujar Benyamin, kepada peserta Pelatihan Pembuatan Hidroponik di Pamulang Barat, Pamulang.

Benyamin juga menambahkan bahwa proses penanaman ini memiliki banyak kemudahan. Mulai alat dan bahan yang mudah ditemukan serta perawatannya yang lebih sederhana dibandingkan teknologi lainnya.

Karena itu dia berharap kepada masyarakat bisa memanfaatkan teknologi ini. Sekaligus terus mengembangkan kemampuan dalam meningkatkan hasil tanam dari hidroponik.

Baca Juga: PPDB Tangsel: Seleksi Jalur Khusus Hafidz Qur’an Banjir Peminat

Lebih lanjut, dia menambahkan untuk memaksimalkan hidroponik, bisa digabungkan dengan perairan hidup. Misalnya pada dasar hidroponik bisa diisi oleh kolam ikan. Sehingga keberadaan hidroponik lebih maksimal dalam membantu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Adapun kegiatan tersebut diikuti oleh warga Pamulang Barat, yang mana sebagian besar adalah Ibu Rumah Tangga. Serta, diharapkan dapat segera mengaplikasikannya di rumah masing-masing. (red)

Komentar Anda

comments