DKP Catat Ada 10.499 Hewan Kurban bakal Dijual di Kota Tangerang

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) melakukan pendataan terhadap jumlah hewan kurban yang akan dijual menjelang hari raya Idul Adha.

Berdasarkan data yang diperoleh, jumlah peternak hewan di Kota Tangerang mencapai 114 orang, sedangkan untuk lapak pedagang mencapai 118 orang. Sementara itu, untuk jumlah hewan kurban yang akan dijual mencapai 10.499 ekor yang terdiri dari sapi, kerbau, kambing, dan domba.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Abduh Surahman menerangkan, pihaknya terus melakukan pengecekan kesehatan hewan kurban yang akan dijual, baik dipeternak maupun pedagang lapak.

“Para pedagang harus menunjukan surat sehat atau sertifikat sehat dari daerah asal, sehingga dipastikan hewan yang akan dijual itu sehat,” papar Abduh Surahman, Kamis, 30 Juni 2022.

Wali Kota Tangerang, Arief R Wismansyah juga menginstruksikan kepada jajaran Pemkot Tangerang untuk dapat mengantisipasi penyebaran Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) bagi hewan ternak melalui pemantauan dan sosialisasi, khususnya pada pedagang dan peternak sapi dan kambing jelang momen Idul Adha mendatang.

“Lurah dan Camat secara berkala melakukan pemantauan kepada penjual hewan ternak di wilayahnya. Pastikan mereka cek kondisi hewannya agar dalam kondisi sehat dan layak untuk dijual,” papar Arief seraya menambahkan, sosialisasikan juga cara memasak dan mengonsumsi daging dengan baik dan benar.

Sebagai langkah antisipasi penyebaran PMK, kata Arief, Pemkot Tangerang juga akan membatasi hewan kurban yang masuk ke Kota Tangerang pada 14 hari menjelang perayaan Idul Adha.

“Jika perlu, hewan yang datang harus disertai surat keterangan sehat dan bebas PMK,” jelasnya. (ydh)

Komentar Anda

comments