Origin Story: Kisah Asal-Usul (David Christian)

Palapanews.com – Bagaimanakah perjalanan kita dari Ledakan Besar ke kompleksitas luar biasa hari ini, ketika tujuh miliar manusia terhubung dalam jejaring-jejaring yang mampu mengubah planet? Dan mengapa primata kerabat terdekat kita malah terdesak sampai hampir punah?

Penggagas Big History (Sejarah Besar) David Christian memberi jawabannya dalam kisah detektif kosmologis berskala mahabesar yang memperluas wawasan akal budi.

Dia menelusuri bagaimana delapan ambang batas penting memunculkan kondisi yang pas sehingga bentuk-bentuk kompleksitas baru muncul, dari bintang ke galaksi, Bumi ke Homo sapiens, dan pertanian ke bahan bakar fosil. Mega-inovasi yang terakhir itu memberi kita pesta energi yang membawa manfaat besar bagi umat manusia, tapi juga mengancam segala sesuatu yang telah kita bangun.

Kita baru saja bisa mulai menceritakan kisah asal-usul global ini, berkat pemersatuan pengetahuan modern yang mendasarinya. Dengan luas dan mengasyikkan, buku ini mengungkap apa yang sudah kita pelajari tentang keberadaan manusia dipandang dari skala universal. (red)

Komentar Anda

comments