Komitmen RSIA Bina Medika di Usia ke-2: Wujudkan Rumah Sakit Ramah Lingkungan

Palapanews.com- Sebagai komitmen mewujudkan rumah sakit ramah lingkungan, RSIA Bina Medika yang berlokasi di CBD Bintaro Jaya, Kecamatan Pondok Aren, Kota Tangerang Selatan (Tangsel) meminimalisir penggunaan sampah kertas dan plastik untuk operasional hingga layanan pasien.

“Seperti mengganti plastik di farmasi dengan goodie bag, menyediakan dispenser di poli rawat jalan dan area kamar perawatan, menghimbau pengunjung dan dokter membawa tumbler masing-masing, serta menggunakan tempat makan (reuse) untuk pasien rawat inap,” ujar Direktur RSIA Bina Medika, Irma Rismayanty saat Fun Bike sebagai penutupan rangkaian HUT ke-2 RSIA Bina Medika, Minggu (19/6/2022).

Bukan hanya menghimbau, namun pihaknya terus melakukan edukasi tentang Zero Waste Management kepada karyawan dan pasien yang berkunjung RSIA Bina Medika. Baik secara langsung ataupun webinar.

“Kami juga telah menggunakan Elektronik Medical Record, hasil laboratorium, USG dan Radiologi yang dapat di lihat di Aplikasi Mobile RSIA Bina Medika. Sehingga meminimalisir penggunaan kertas atau paperless,” tambah Helky Nugroho selaku Head of Marketing RSIA Bina Medika.

RSIA Bina Medika juga bekerjasama dengan komunitas daur ulang sampah di Kota Tangsel untuk menjadikan sampah plastik menjadi pot bunga atau produk lainnya. Lalu bekerjasama dengan bank sampah di wilayah Tangsel untuk sampah non medis, serta mengumpulkan pakaian layak pakai untuk di sumbangkan dan yang tidak layak pakai untuk di daur ulang.

Menurut Helky, proses penyesuaian ini tidaklah mudah. Tetapi lambat laun, edukasi yang terus dilakukan membuahkan hasil hingga semua pengunjung/pasien senang dan bisa beradaptasi serta mendukung program yang dibuat oleh RSIA Bina Medika.

Sebagai tambahan, RSIA Bina Medika terus melakukan edukasi dengan membuat poster edukasi Go Green, edukasi langsung dari staff ke pasien dan membuat webinar tentang Zero Waste Management kepada pasien dan masyarakat sekitar secara berkala. (nad)

Komentar Anda

comments