DKP Kota Tangerang Belanja Domba Indukan Hampir Setengah Miliar

oleh -
Kepala DKP Kota Tangerang Abduh Surahman. Foto: Ydh

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) menganggarkan dana sebesar Rp 460.947.800 yang diperuntukan untuk pengadaan belanja domba indukan dengan sistem tender.

Kepala Dinas Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Abduh Surahman mengatakan, untuk saat ini proses lelang untuk belanja domba indukan sudah dimulai. Nantinya, domba indukan tersebut diberikan kepada kelompok tani yang ada di Kota Tangerang.

“Ada sekitar 50 kelompok tani di Kota Tangerang. Dan, bagi yang menginginkan domba indukan tentunya harus melakukan pengajuan ke Dinas Ketahanan Pangan,” kata Abduh Surahman.

Dalam pelaksanaan lelang domba indukan tentunya ada spesifikasi yang harus diikuti sesuai prosedur yakni untuk domba betina memiliki spesifikasi: jenis domba lokal, umur 8 bulan, tinggi minimal 45 cm, lingkar dada minimal 37 m, bebas dari cacat fisik dan alat reproduksi, bersertifikat/surat keterangan dari Balai Penelitian Ternak, sebanyak 54 ekor.

Sementara itu, untuk domba jantan memiliki spesifikasi: jenis domba lokal, umur 12-18 bulan, tinggi minimal 52 cm. lingkar dada minimal 58 cm, bebas dari cacat fisik dan alat reproduksi, bersertifikat/surat keterangan dari Balai Penelitian Ternak, sebanyak 110 ekor.

Dengan adanya pengadaan domba indukan tersebut, Rahmat salah satu warga yang tinggal di Kecamatan Tangerang mengungkapkan, sebenarnya pembelian domba indukan itu terlalu mahal dan tidak terlalu penting karena jika membeli harus ada yang diperhatikan yakni kandang.

“Lalu, nanti bagaimana kalau kelompok tani tidak memiliki kandang, ditambah dengan pakan yang harus disiapkan,” papar Rahma seraya menambahkan, apakah kelompok tani yang ada di Kota Tangerang memang fokus dalam hal peternakan domba?. Jangan sampai nanti pembelian domba menjadi sia-sia. (ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.