Warga Babakan Kembali Gelar Ritual Keramas Bareng di Cisadane

Palapanews.com Memasuki bulan suci Ramadhan, warga Babakan yang berlokasi di Jalan Perintis Kemerdekaan, Kecamatan Tangerang, Kota Tangerang melakukan ritual Mandi dan Keramas Bareng di Sungai Cisadane, Sabtu, 2 April 2022.

Ritual yang disebut Keramas ini diikuti oleh puluhan anak-anak, orang dewasa serta lansia yang berkumpul untuk mengikuti ritual bersih-bersih tersebut.

Ketua RW. 02, Kelurahan Babakan, Sobirin menerangkan, jika tradisi Mandi dan Keramas Bareng ini sudah menjadi tradisi  dalam menyambut Ramadhan. Walaupun tahun sebelumnya tidak dilaksanakan karena pandemi Covid-19.

“Alhamdulillah untuk tahun ini bisa dilaksanakan. Dan, ini menjadi tradisi masyarakat lokal. Dan, tradisi ini harus tetap dilestarikan agar tidak hilang dalam perkembangan zaman,” kata Sobirin.

Selain menjaga kebudayaan lokal, kata Sobirin, tradisi Keramas Bareng ini juga bertujuan untuk menjaga tali silaturahmi antara warga Tangerang. “Ritual siraman itu tidak hanya dimaksudkan untuk membersihkan badan dan mempererat tali silaturahmi, tetapi juga disimbolkan untuk membersihkan hati,” ucapnya.

Kapolsek Tangerang, Kompol Suroto yang juga hadir dalam Keramas Bareng ini juga menyampaikan, jika kegiatan seperti ini harus tetap dilestarikan. Sebab, kegiatan ini sudah menjadi tradisi masyarakat sekitar.

“Harus tetap dijaga tradisi ini,” papar Suroto  seraya menambahkan, dalam bulan Ramadhan ini pihaknya mengimbau kepada masyarakat agar tetap meningkatkan jalinan silahturahmi terhadap sesama. Dan, di bulan Ramadhan ini tidak diperkenankan untuk melaksanakan saur on the road.

Diketahui, kegiatan Kermas Bareng di Sungai Cisadane Kota Tangerang di pantau oleh panitia penyelengara dan Tim SAR Tagana Kota Tangerang untuk mengawasi kegiatan tersebut untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan.(ydh)

Komentar Anda

comments