Dinas Perkim Kota Tangerang Mulai Bedah Rumah, Ada 209 Rumah Terverifikasi 

Palapanews.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang melalui Dinas Perumahan dan Permukiman kembali menghadirkan program bedah rumah.

Di awal tahun 2022 ini, Pemkot Tangerang sudah melakukan bedah rumah di Kelurahan Karangsari, Kecamatan Neglasari, Rabu, 23 Maret 2022.

Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman, Sugiharto Achmad Bagja mengatakan, tujuan dari bedah rumah ini adalah untuk menciptakan rumah yang layak huni bagi masyarakat Kota Tangerang.

“Jadi, secara kronologis data yang kami dapatkan itu bottom-up. Dari RT/RW melaporkan ke Kelurahan, lalu Kecamatan, baru disampaikan kepada kami. Setelah itu nanti ada proses verifikasi kelayakan,” ungkapnya.

Pria yang akrab disapa Ugih ini menambahkan, verifikasi nanti akan dilakukan oleh surveyor yang merupakan arsitektur, dan ahli teknik sipil. Secara umum, syarat rumah untuk dibedah adalah antara lain tidak adanya ventilasi, jendela, dinding yang masih bilik, dan sebagainya.

“Untuk saat ini, sudah terverifikasi 209 rumah yang tersebar dari 13 Kecamatan dan 104 Kelurahan yang ada di Kota Tangerang. Itu semua variatif tergantung dari basic data yang ada dari aplikasi SiData,” katanya.

Dengan adanya bedah rumah ini, diharapkan masyarakat Kota Tangerang dapat hidup sehat dengan rumah yang layak huni dan aman.

“Saya harap masyarakat Kota Tangerang dapat hidup lebih sehat dengan kondisi rumah yang lebih layak, yang rumahnya tadi belum ada jendela, sirkulasi udara dan lantai yang belum dikasih keramik, sekarang sudah jadi lebih baik dan layak huni,” harapnya.

Sebagai informasi, Pemkot Tangerang sudah membedah 350 unit rumah pada tahun 2021 di 44 Kelurahan. (ydh)

Komentar Anda

comments