Sinar Mas Land Luncurkan Program Pemberdayaan Masyarakat Lewat Ketahanan Pangan

Palapanews.com- Sinar Mas Land melalui PT Bumi Serpong Damai Tbk mendukung agenda ini dengan menginisiasi Program Pemberdayaan Masyarakat melalui Ketahanan Pangan yang diluncurkan di Desa Rumpin dan Desa Tamansari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat pada Selasa (25/1/2022).

Jenis bantuan yang diberikan berupa pemanfaatan lahan, edukasi, penyuluhan, dan pelatihan di bidang pertanian serta bantuan bibit, pupuk hingga pendampingan intensif, yang bertujuan menciptakan ketahanan pangan masyarakat dengan penggunaan lahan perusahaan sebagai sumber kesejahteraan masyarakat.

“Bantuan itu merupakan wujud nyata dukungan perusahaan dalam meningkatkan kualitas lingkungan hidup, perekonomian masyarakat, menciptakan lapangan kerja, serta dapat meningkatkan ketahanan pangan bagi masyarakat setempat,” ujar Kepala Divisi Corporate Affairs PT BSD – Sinar Mas Land, Dony Martadisata.

Menurutnya, kegiatan tersebut merupakan wujud konkret keseriusan perusahaan dalam meningkatkan produktivitas masyarakat di bidang pertanian.

“Kolaborasi dan sinergi semua pihak yang terlibat baik dari regulator daerah, perusahaan, maupun masyarakat diharapkan dapat mewujudkan tercapainya tujuan program untuk kesejahteraan para petani. Kami sediakan lahannya untuk dimanfaatkan oleh masyarakat. Kami berharap bantuan ini dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya serta memberi manfaat bagi masyarakat luas,” ungkapnya.

Pada pembukaan acara tersebut, Camat Rumpin, Ade Zulfahmi mengapresiasi kepedulian Sinar Mas Land atas bantuan yang diberikan kepada warga penggarap lahan di wilayah Rumpin.

“Saya berharap semoga program pemberdayaan masyarakat ini dapat turut memajukan pertanian serta berdampak pada kesejahteraan masyarakat,” imbuh Ade.

Sementara Salah satu Petani Binaan Sinar Mas Land, Pramono merasa sangat terbantu dengan adanya program ini.

“Dalam kondisi ekonomi yang semakin sulit, petani harus bisa berjuang untuk bertahan hidup. Terima kasih kepada Sinar Mas Land yang terus membantu saya dalam melakukan usaha budidaya pertanian dengan bercocok tanam. Saya bisa mencukupi kebutuhan hidup rumah tangga saat ini,” tandasnya.

Diketahui, ketahanan pangan merupakan bagian dalam Agenda Pembangunan Nasional tahun 2022-2024 sehingga pemerintah memprioritaskan program peningkatan ketersediaan, akses dan kualitas konsumsi pangan.

Program yang mengintegrasikan aspek lingkungan dan ekonomi masyarakat ini akan terus dikembangkan guna mendukung keberlangsungan budidaya pertanian yang dilakukan warga setempat. Perusahaan juga menyiapkan 2 Balai Penyuluhan Kelompok Tani dan 1 Rumah Pupuk yang berlokasi di Desa Rumpin dan Desa Tamansari, Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor. (red)

Komentar Anda

comments