Transmisi Lokal, Warga Tangsel Positif Covid Varian Omicron

Palapanews.com- Walikota Tangerang Selatan (Tangsel), Benyamin Davnie mengatakan, satu warganya berinisial TBP berstatus terkonfirmasi omicron saat menjalani isolasi di Rumah Lawan Covid-19.

“Itu jadi hasil WGS (Whole Genum Sequencing) tadinya diperkirakan itu delta aja, tapi ternyata setelah diperiksa WGS dia positif omicron. Kemarin itu (hasilnya),” kata Benyamin di Balaikota Tangsel, Kamis (13/1/2022).

Menurutnya, belum diketahui secara rinci yang bersangkutan terpapar dari mana dan memiliki riwayat perjalanan jauh.

“Inisialnya TBP usia kelahiran 1990, warga Komplek Batan pekerja swasta. Tapi enggak dirinci dari mana dia dapat (terpapar). Tapi hasil positif WGS-nya terdeteksi omicron,” ujarnya.

Lanjut Ben, kini yang bersangkutan sedang ditangani oleh tim kesehatan di Rumah Lawan Covid-19, dengan SOP RLC, karena tanpa gejala dan dipisah dengan pasien lainnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Tangsel, Allin Hendalin Mahdaniar menuturkan, jika yang bersangkutan terpapar dari transmisi lokal.

“Ya, dari transmisi lokal. Artinya kan itu tadi pada saat virus itu ada, mungkin dia sudah bertransmisi di sini, kita enggak tahu di antara kita juga mungkin kalo diperiksa satu per satu juga mungkin bisa aja ya. Karena omicron ini kan tidak bergejala kalau bergejala juga ringan, seperti batuk biasa bahkan tidak bergejala. Tapi pada saat diperiksa dicek ternyata variannya omicron,” tandas Allin. (nad)

Komentar Anda

comments