Tertarik dengan Data Science, tapi NON IT? Tips Belajar Ini Cocok untuk Kamu!

oleh -

Palapanews.com – Data science menjadi ilmu yang sedang banyak dicari. Perusahaan berlomba – lomba untuk mendapatkan talenta data terbaik untuk mengembangkan bisnisnya. Ilmu ini mencangkup beberapa kemampuan sekaligus, seperti statistika, analisis, pemograman, dan bisnis.

Hal itu membuat data science dapat di pelajari siapapun dari background pendidikan apapun. Sebagai lulusan IT, menjadi kelebihan saat mempelajari ilmu data science, namun tidak menutup kemungkinan NON IT juga mampu menguasai ilmu ini dan menjadi nilai plus karena kamu dapat menguasai ilmu diluar background pendidikan kamu.

Sebagai NON IT, data science menjadi hal baru dan kamu perlu menekuninya. Mulai dengan belajar data science dasar hingga teknik pengaplikasiannya dalam real case industry. Pada artikel ini, DQLab akan memberikan tips special belajar data science untuk NON IT.

1. Konsisten dalam Belajar Dasar Data Science

Pada dasarnya, data science adalah ilmu mengumpulkan, mengolah, dan menganalisis data sehingga menghasilkan informasi yang berguna untuk perkembangan bisnis. Agar bisa menguasai semuanya, kamu memerlukan kemampuan problem solving dan critical thinking.

Kedua kemampuan tersebut dapat membantumu dalam menemukan solusi terhadap suatu masalah dengan berbagai sudut pandang. Setelah itu kuasai ilmu dasar beserta tools yang digunakan dalam pengolahan data. Ilmu dasar mencangkup bahasa pemograman, dasar SQL, machine learning, matematika dasar, proses bisnis, dan pemetaan data. Sedangkan toolsnya, SQL, Python, Ms.Excel, dan R.

Yang terpenting adalah konsisten, pelajari secara perlahan dan nikmati ilmunya. Belajar data science tidak tentang bakat, namun tentang kemampuan yang dilatih hingga terbiasa.

2. Join Komunitas Data Science

Dengan dikelilingi orang yang memiliki passion belajar sama, kamu akan lebih termotivasi dalam belajar data science. Dengan mengikuti forum atau komunitas, dapat menambah skill komunikasi kamu dalam berdiskusi antar anggota untuk menyelesaikan masalah saat menghadapi data error. DQLab menyediakan forum diskusi online bersama praktisi data sebagai wadah bagi calon talenta data. Forum ini bisa kamu manfaatkan untuk menambah pengetahuan dan networking.

3. Terapkan Ilmunya dengan Mengerjakan Project Data Science

DQLab sebagai tempat kursus, memberikan project sebagai bentuk latihan untuk menghadapi studi kasusu rill di sebuah perusahaan.

Dengan mengerjakannya, kamu dapat melatih kemampuan analisis dan problem solving dengan bimbingan mentor dan teori yang ada. Dari sini lah kamu bisa memahami pengolahan data dari awal hingga akhir, yang membuatmu siap menghadapi industri nyata.

Keunggulan lainnya, dengan mengejakan project kamu bisa menambah nilai di portofolio kamu. Khususnya NON IT, bisa menjadi nilai plus untuk awal berkarir di bidang data.DQLab Tempat Kursus Ramah untuk Pemula Khususnya NON IT, bisa menjadi nilai plus untuk awal berkarir di bidang data.

4. DQLab Tempat Kursus Ramah untuk Pemula Khususnya NON IT

DQLab menyediakan berbagai fasilitas yang dibutuhkan NON IT, mulai dari belajar gratis, belajar dasar data science, forum diskusi online, hingga job connector yang dapat membantumu dalam mengawali karir. Rasakan fasilitas DQLab yuk! (red)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.