Penelitian Energi Terbarukan UNJ Pasang PLTS di Rumah Quran Tabarok Bekasi

oleh -
banner 300250

Palapanews.com- Tim PPM-PKMFT-UNJ memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk penerangan dan sound system di Rumah Quran Tabarok Bekasi dan diterima langsung oleh Ketua Rumah Quran Tabarok Ust. Muhammad Abdul Malik pada (17/10/2021) lalu.

Peneliti Energi Terbarukan dari Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Jakarta yang diketuai oleh Sirojuddin mengatakan, para santri di Rumah Quran Tabarok sebagian besar waktunya dihabiskan di dalam pondok pesantren untuk membaca Kitab Suci Al-Quran.

“Dan dalam melakukan aktifitas tersebut, para santri membutuhkan penyinaran yang cukup memadai untuk menjaga pandangan tetap fokus dan tidak mudah lelah,” ujarnya pada Rabu (10/11/2021).

Selain itu, lanjutnya para santri juga membutuhkan sound system untuk mendengarkan dan mengikuti bacaan Al-quran yang fasih dari para imam Masjidil Haram.

“Agar selama melakukan aktifitas menghafalkan Al-Quran para santri merasa nyaman, pihak pengelola menyediakan beberapa kipas angin dan air conditioner. Untuk menghidupkan beberapa peralatan elektrik tersebut pihak pengelola mengeluarkan dana yang cukup besar,” lanjutnya.

Berdasarkan kondisi tersebut kelompok Sirojuddin dan beranggotakan Wardoyo serta melibatkan tiga mahasiswa melakukan pengabdian pada masyarakat berupa pemasangan PLTS dengan kapasitas 300 watt untuk keperluan penerangan dan audio visual.

“Kami melakukan pengabdian pada masyarakat dengan memasang PLTS berkapasitas 300 watt untuk penerangan dan audio visual. Diharapkan listrik tenaga surya ini dapat meringankan beban penggunaan listrik di Rumah Quran Tabarok, sehingga bisa mengurangi biaya operasional yang ditanggung pihak pengelola pondok setiap bulannya,” tandasnya. (nad)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.