Drainase Tersumbat, Puluhan KK di Tangsel Terendam Banjir

oleh -
Petugas BPBD di lokasi banjir. Foto: Ist

Palapanews.com- Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tangsel menduga penyebab terjadinya banjir di Jalan Babakan Pocis, Bakti Jaya, Setu, Tangsel akibat saluran drainase tersumbat hingga menyebabkan 31 Kepala Keluarga dievakuasi.

“Penyebab banjir karena hujan deras disertai angin kencang dan saluran drainase tersumbat, hingga berdampak air menggenangi lingkungan beberapa rumah warga,” kata Kasi Mitigasi BPBD Tangsel, Essa Nugraha dalam keterangannya, Minggu (31/10/2021).

Menurutnya, ada dua RT yang terdampak banjir yakni di RT 001 dan RT 006 dari RW 1, Kelurahan Bakti Jaya, Setu, Tangsel. Di RT.001 ada 24 Kepala Keluarga yang terdampak sedangkan di RT 006 ada 7 Kepala Keluarga yang terdampak.

“Karena air masih menggenangi lingkungan beberapa rumah warga, kami lakukan monitoring dan koordinasi dengan pihak lingkungan setempat serta evakuasi warga yang terdampak banjir,” imbuhnya.

Lanjut Essa, pihaknya telah membuat tenda dan mengevakuasi warga usia rentan ke rumah warga yang tidak terdampak banjir guan mencegah hal-hal tidak diinginkan.

“Untuk kelompok rentan Ibu-ibu dan anak anak ditempatkan di rumah warga sekitar yang tidak kena dampak dengan dinaungi tenda serta ditempatkan di posyandu,” paparnya.

Masih kata Essa, air yang mulai menggenang wilayah Babakan Pocis hingga pukul 19.30 WIB mulai berangsur surut.

“Hingga pukul 19.00 air masih menggenangi lingkungan dan ketinggian air berangsur surut sekira 30cm-40cm,” tutur Essa.

Pihaknya pun, langsung berkoordinasi dengan dinas terkait guna memperbaiki saluran drainase yang tersumbat.

“Dengan Dinas Pekerjaan Umum sudah berkoordinasi. Di lokasi kejadian sudah mobil Damkar untuk memompa air,” ungkapnya. (nad)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.