Erick Thohir Dorong Kerja Sama Penelitian Kampus-BUMN

oleh -
Erick Thohir.

Palapanews.com- Menteri BUMN Erick Thohir mengatakan bahwa keterampilan dan keahlian mahasiswa di universitas bisa dikolaborasikan dengan BUMN. Hal ini ia sampaikan saat menjadi pembicara di Dies Natalis ke-40 Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta).

Erick mengatakan, BUMN saat ini sedang melakukan transformasi mulai dari sumber daya manusia hingga transformasi digital. Transformasi di lingkungan BUMN termasuk bagaimana kerja sama penelitian dan bisnis dengan universitas.

“Transformasi BUMN tidak ada artinya kalau tidak ada transformasi human capital dan salah satunya bagaimana bisa kerja sama dengan universitas,” kata Erick di Untirta, Serang, Jumat (1/10/2021).

Dengan hadir di Untirta, ia ingin memastikan bahwa kerja sama penelitian dan bisnis ini bisa terwujud. Salah satunya adalah kerja sama Untirta dengan Angkasa Pura II dalam implementasi program Merdeka Belajar.

“Bagaimana Merdeka Belajar yang dikembangkan bapak Mendiknas, kita kerjasamakan dengan Angkasa Pura. Jadi mahasiswa yang di Untirta bisa ada program magang di BUMN,” ujarnya.

Ke depan katanya BUMN bisa membangun training center untuk anak muda. Apalagi, BUMN belum lama ini membuat program #GirlsTakeOver 2021 untuk mewujudkan kesetaraan gender dan kepemimpinan perempuan.

“Saya rasa nanti kita kembangkan juga agar generasi muda jadi bagian dari training center di BUMN, memang generasinya ke sana,” ujarnya.

Di tempat yang sama, Rektor Untirta Fatah Sulaiman menjelaskan kolaborasi dengan BUMN dan kampus dikembangkan untuk program magang. Mahasiswa bisa melakukan riset dan penguatan kapasitas dalam rangka kampus merdeka belajar. Salah satu yang digagas adalah kerja sama dengan Angkasa Pura II.

“Sudah ada MoU, kita kirim mahasiswa ke Angkasa Pura sesuai bidang yang kita miliki untuk fasilitasi magang. Saya kira banyak program untuk implementasi merdeka, merdeka belajar,” kata Fatah. (ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.