Pemkot Tangerang Gelar Vaksinasi Rabies Gratis untuk Hewan Peliharaan

oleh -

Palapanews.com- Memperingati  World Rabies Day pada 28 September, Pemerintah Kota Tangerang melalui Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang menggelar vaksinasi rabies massal di Mall Bale Kota.

Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang selama sebulan telah memberikan vaksinasi rabies ke 500 hewan peliharaan secara gratis.

“Sejak awal September kita sudah gelar vaksinasi rabies secara berkala di klinik hewan Kota Tangerang, sebagai rangkaian acaranya. Untuk hari ini, menjadi puncak kegiatannya dengan kuota 300 vaksinasi rabies yang kita buka untuk warga se-Kota Tangerang Raya,” ungkap Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang, Abduh Surahman, Minggu, 26 September 2021.

Abduh menambahkan, vaksinasi rabies massal ini meliputi hewan peliharaan seperti anjing, kucing, kera dan musang yang masih berumur empat bulan. Langkah ini untuk pencegahan penyebaran penyakit rabies dari hewan peliharaan.

“Hingga saat ini, memang belum ada kasus rabies yang dilaporkan ke pihak DKP. Tapi, bukan berarti kita harus berdiam diri, kita perlu melakukan pencegahan sebelum terjadinya kasus. Salah satunya, dengan menggelar vaksinasi gratis seperti ini. Karena biasanya kalo di klinik berbayar hingga Rp300 ribu,” jelas Abduh.

Ia pun mengimbau, kepada seluruh masyarakat Kota Tangerang dapat memanfaatkan fasilitas-fasilitas kesehatan hewan yang diberikan Pemkot Tangerang.

“Sehingga kesehatan hewan peliharaannya dapat terjaga dan terawat. Terlebih dapat aman untuk lingkungan sekitar, tidak mengganggu warga lainnya,” katanya.

Susi, salah seorang warga yang ikut mendaftarkan hewan kesayangannya vaksin rabies mengaku senang dan antusias sekali dengan vasilitas gratis seperti ini.

“Jika ke klinik lumayan bayarnya. Dapat info begini, terus daftarnya kemarin juga mudah. Disini juga pelayanan dokternya enak-enak, jadi ya senang sekali. Karena kesehatan hewan terkait rabies ini kan tak hanya untuk hewannya saja, tapi kita sebagai pemiliknya juga,” ungkap Susi.

Sementara itu, Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin menerangkan, acara vaksinasi rabies ini merupakan hasil kerjasama Pemkot Tangerang dengan Persatuan Dokter Hewan Indonesia cabang Banten.

“Perlu peranan semua pihak untuk mengendalikan laju penularan rabies.Baik pada sektor kesehatan hewan maupun kesehatan masyarakat,” ujar Wakil Walikota Tangerang.

Sachrudin mengungkapkan, Pemkot Tangerang menyediakan tak kurang dari 1.000 dosis vaksin yang dilaksanakan secara bertahap mulai awal September lalu untuk mempertahankan status zero rabies case di Kota Tangerang.

“Untuk hari ini disediakan sebanyak 200 – 300 dosis vaksin gratis untuk hewan,” pungkasnya.(adv)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.