Ini, Manfaat LEGO Bagi Tumbuh Kembang Anak

oleh -
Ragam Koleksi LEGO. foto: ist

Palapanews.com – Permainan menyusun balok-balok LEGO sangat disarankan untuk anak-anak karena memberikan segudang manfaat untuk tumbuh kembangnya.

Menurut studi dari lembaga pendidikan anak Australia, The Scots College, bermain LEGO dapat membantu anak seperti melatih kemampuan motorik halus, mengasah kreativitas, meningkatkan kemampuan kerjasama dalam tim, serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah dan problem-solving.

Disamping itu, balok-balok LEGO yang dihadirkan dalam warna, ukuran dan bentuk yang berbeda dapat digunakan sebagai sarana yang tepat bagi orang tua untuk memperkenalkan nama-nama warna dan istilah tentang bentuk dan ukuran.

Saat menyusun balok LEGO, anak juga dapat melatih koordinasi tangan dan mata, sekaligus menuangkan imajinasinya ke dalam bentuk susunan LEGO. Bermain LEGO pun dapat dilakukan secara berkelompok, sehingga anak pun dapat melatih kepandaian anak dalam berkomunikasi dan mengemukakan idenya.

Tidak hanya untuk anak, permainan LEGO pun juga dapat dimainkan oleh orang dewasa. Beberapa penelitian telah membuktikan bahwa bermain LEGO dapat menurunkan tingkat stress setelah menjalani aktivitas harian, sekaligus dijadikan sebagai medium berkarya dan item koleksi yang menarik. Karena dapat dimainkan oleh segala usia, LEGO juga menjadi pilihan favorit untuk membangun aktivitas bermain bersama anggota keluarga.

Baca juga: TOYS KINGDOM Hadirkan Mainan Lebih Lengkap, Ini Koleksinya

Gangguan pertumbuhan anak merupakan salah satu tantangan yang dihadapi oleh para orang tua di Indonesia. Menurut data WHO, sebanyak 5-10% anak di Indonesia mengalami keterlambatan perkembangan secara umum, diantaranya akibat gangguan perkembangan motorik kasar dan motorik halus.

Salah satu penyebab utama dari kondisi gangguan perkembangan motorik adalah kurangnya stimulasi yang diberikan kepada anak untuk mendorong tumbuh kembangnya.

Kondisi inilah yang membuat orang tua perlu menyadari akan pentingnya pemilihan mainan untuk anak, mengingat mainan merupakan salah satu medium paling efektif untuk menstimulasi perkembangannya.

Saat ini, ada begitu banyak jenis mainan yang tersedia di pasaran, sehingga penting bagi orang tua untuk bijak dalam memilih jenis mainan yang tidak hanya menyenangkan untuk dimainkan, tetapi juga mampu menstimulasi pertumbuhan anak dan mencegah keterlambatan atau gangguan perkembangannya. (TK/bd)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.