Rayakan HUT RI Ke-76, Pemkab Tangerang Gelar Gebyar Vaksinasi Kemerdekaan

oleh -
Bupati memantau pelaksanaan vaksinasi. Foto: Ist

Palapanews.com- Pemerintah Kabupaten Tangerang terus berupaya menekan angka penyebaran COVID-19. Salah satu cara yang sedang digencarkan yaitu melalui program vaksinasi secara masif di semua lapisan masyarakat Kabupaten Tangerang.

Salah satu cara yang dilaksanakan adalah Gebyar Vaksinasi Kemerdekaan RI ke 76 tahun, Pemerintah Kabupaten Tangerang menyiapkan 17.845 dosis vaksin. Program vaksinasi menyambut HUT RI tersebut dilaksanakan secara menyeluruh di seluruh Puskesmas, Rumah Sakit Umum, dan Sentra Vaksin di Kabupaten Tangerang.

Gebyar Vaksinasi tersebut merupakan salah satu upaya mendukung target 2 juta vaksinasi yang dicanangkan Bupati Tangerang hingga akhir Tahun 2021 ini. Selain itu, Gebyar Vaksinasi juga bertujuan untuk menciptakan kekebalan kelompok (Herd Immunity) agar masyarakat menjadi lebih produktif dalam menjalankan aktivitas keseharian.

Bagi masyarakat yang belum melakukan vaksinasi COVID-19 agar segera mendaftarkan diri ke RT/RW setempat, dengan persyaratan belum divaksin COVID-19, Berusia 18 tahun ke atas, dan dengan menyerahkan Fotokopi KTP domisili Kabupaten Tangerang atau KK (Apabila KTP luar Kabupaten Tangerang membawa surat keterangan domisili RT/RW). Pendaftaran secara kolektif melalui RT/RW/Desa/Kelurahan masing-masing.

Vaksin yang digunakan pada kegiatan gebyar vaksinasi kemerdekaan ini menggunakan vaksin dengan Dosis Sinovac dan Dosis Moderna untuk masyarakat umum. dengan dosis 0,5 ml sebanyak 2 kali dengan jarak interval pemberian minimal 28 hari.

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang, (https://covid19.tangerangkab.go.id/) kembali memberi informasi terbaru data vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Tangerang. Vaksinasi sudah mencapai 507.035 dari total sasaran.

Angka vaksinasi pertama di Kabupaten Tangerang bertambah 3.481 Dengan penambahan itu, total jumlah vaksinasi pertama sudah mencapai 496.365 Adapun penambahan data vaksinasi kedua sebanyak 4.682 Berarti total jumlah vaksinasi kedua di Kabupaten Tangerang mencapai 223.358.

Warga menjalani skrining kesehatan sebelum divaksin. Foto: Ist

Jika dibandingkan dengan total sasaran COVID-19 tersebut berarti hingga Rabu (17/8), vaksinasi dosis pertama mencapai 97.8%. Adapun tingkat vaksinasi dosis kedua di Kabupaten Tangerang baru mencapai 44,0%.

Sementara itu, beberapa perusahaan juga telah ikut berpartisipasi untuk membantu menyukseskan upaya vaksinasi yang dilakukan pemerintah, serta memberikan rasa aman dan keselamatan bagi para karyawan.

Pelaksanaan vaksinasi gotong royong yang telah dilakukan oleh beberapa perusahaan sudah memberikan dosis I sebanyak 11.830 dan pada vaksinasi gotong royong dosis II sebanyak 1.616, di berikan kepada pekerja dan keluarga dari para pekerja.

Kemudian, Pemerintah Kabupaten Tangerang juga terus berupaya mendorong penyelenggaraan vaksinasi Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan Pemkab Tangerang adalah dengan mengoperasikan mobil vaksinasi Covid-19 keliling untuk menjangkau wilayah-wilayah yang jauh dari fasilitas kesehatan.

“Sekarang kita coba usahakan untuk mempercepat proses vaksinasi di Kabupaten Tangerang salah satunya dengan mobil vaksin keliling, Insya Allah nanti akan ada tiga lagi yang akan dipersiapkan untuk menjadi mobil vaksinasi,” ungkap Bupati Tangerang Ahmad Zaki Iskandar.

Dengan mobil vaksin keliling ini, kata Zaki, Pemkab Tangerang berupaya menjemput bola kepada masyarakat yang ada di wilayah Kabupaten Tangerang. Mobil vaksin keliling dengan kapasitas 200 hingga 300 vaksin ini akan ditempatkan di lokasi-lokasi yang dekat dengan masyarakat seperti sekretariat RT atau RW di pelosok kampung atau desa.

“Kehadiran mobil vaksin ini untuk mempermudah dan menjangkau masyarakat dalam rangka mempercepat dan mempermudah proses vaksinasi di lingkungan RT maupun RW terutama di kecamatan yang masuk zona merah,” katanya.

Dihimpun dari sumber Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tangerang , berikut jadwal dan lokasi mobil Vaksin keliling. Perumahan Puri Tigaraksa (Puskesmas Pasir Nangka), pada hari Selasa, 10 Agustus 2021 dengan 100 kuota, Kelurahan Kadu Agung RW 01 (Puskesmas Tigaraksa), pada Hari Kamis, 12 Agustus 2021 dengan 100 kuota. Kelurahan Kadu Agung RW 02& 03(Puskesmas Tigaraksa) pada Hari Jumat, 13 Agustus 2021 2021 dengan 100 kuota. Dan Kelurahan Kadu Agung RW 04 (Puskesmas Tigaraksa), pada Hari Selasa, 16 Agustus 2021 dengan 100 kuota.

Sesuai informasi sebelumnya bahwa seluruh Puskesmas dan Rumah Sakit Umum/Sentra Vaksinasi Pemerintah Kabupaten Tangerang telah secara masif menyelenggarakan vaksinasi dari hari ke hari dan membuka pendaftaran secara kolektif melalui RT/RW/Desa/Kelurahan masing-masing.

Bagi yang sudah terdaftar persiapkan diri sebaik-baiknya ya. Bagi yang belum segera daftarkan melalui RT/RW setempat ya, agar bisa diusulkan pada periode berikutnya. Jangan lupa pantau terus informasi baik secara langsung maupun daring di kanal-kanal Pemerintah, Puskesmas, RSU di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tangerang. (adv)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.