Masa Pandemi Covid-19, OMB UMN 2021 Digelar Secara Daring

oleh -

Palapanews.com – Orientasi Mahasiswa Baru Universitas Multimedia Nusantara (OMB UMN) 2021 kembali hadir sebagai gerbang utama untuk menyambut mahasiswa baru.

Tahun ini, menghadapi situasi Covid-19 yang semakin melonjak, OMB UMN 2021 kembali diadakan secara daring. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada 12 hingga 14 Agustus mendatang.

“Dari awal, Drestanta (Badan Pengurus Harian) sudah mempersiapkan kegiatan OMB UMN untuk bisa dilaksanakan secara daring. Pertimbangannya sederhana. Seperti yang kita semua tahu, terjadi lonjakan yang tinggi di bulan Juli. Setelah melalui diskusi dengan pihak kampus dan rektor, OMB diputuskan untuk dilaksanakan secara daring,” jelas Grace Natasha Krisnadi, Ketua OMB UMN 2021.

Mengusung tema “Bergerak Adaptif, Bertindak Inovatif!”, kata Grace, OMB UMN 2021 mengajak mahasiswa baru untuk berani dalam menghadapi perubahan. Melalui tema tersebut, mahasiswa baru UMN diharapkan dapat menyesuaikan diri dengan segala perubahan yang ada dan mampu menggali potensi yang kreatif, kritis, dan inovatif dalam diri setiap mahasiswa.

Menurutnya, meskipun dilaksanakan secara daring, OMB UMN 2021 telah mempersiapkan rangkaian kegiatan yang bermanfaat bagi mahasiswa baru. Salah satunya adalah dengan penerapan tiga nilai utama: keberanian; keyakinan; dan 5C Kompas Gramedia (Caring, Credible, Competent, Competitive, dan Customer Delight) kepada setiap mahasiswa.

“Melalui tema tahun ini, kita melihat nilai apa saja yang dibutuhkan seorang individu untuk mampu menghadapi perubahan. Maka, terbentuklah ketiga nilai utama OMB UMN dan satu inovasi yang akan diberikan pada saat rangkaian OMB melalui konten-konten dan seminar,” beber Grace.

Baca juga: Wisuda XX UMN Luluskan 336 Wisudawan Kreatif

Selain tiga nilai utama tersebut, lanjutnya, OMB UMN 2021 juga menghadirkan nilai utama yang merupakan bagian dari inovasi, yaitu quality education—poin keempat dari Sustainable Development Goals (SDGs) yang akan diterapkan dalam rangkaian acara.

Nilai ini diharapkan dapat menjadi langkah awal bagi mahasiswa baru dalam menerima perubahan dan mendorong lahirnya inovasi kreatif melalui peningkatan kualitas pendidikan. Nilai-nilai tersebut turut dijadikan landasan dalam menetapkan Rusa Timor, satwa asli Indonesia sebagai logo OMB UMN 2021. Rusa Timor dipilih karena karakteristiknya yang mencerminkan nilai OMB UMN 2021, yaitu pandai beradaptasi dan berani berinovasi.

Rusa Timor dalam logo OMB UMN 2021 digambarkan dengan bentuk tubuh yang siap melompat ke depan. Hal ini melambangkan kesiapan OMB UMN 2021 dalam membawa harapan untuk terus maju dan siap menghadapi segala jenis perubahan yang ada dengan penuh keyakinan serta keberanian. Tahun ini, rangkaian OMB UMN 2021 diharapkan dapat membangun mahasiswa baru agar bisa menjadi pribadi yang dapat melahirkan ide-ide inovatif serta kritis. Selain itu, mahasiswa baru juga dilatih untuk dapat menghidupi nilai-nilai OMB saat memasuki dunia perkuliahan.

“Pesan kepada teman-teman mahasiswa baru, jarak bukanlah penghalang. Jangan jadikan OMB UMN 2021 yang diadakan secara daring sebagai sebuah halangan, tetapi jadikan sebagai acuan dan motivasi teman-teman untuk mau bergabung bersama keluarga besar UMN,” tegas Grace. (rls/bd)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.