DKP Klaim Hewan Kurban di Kota Tangerang Sehat dan Layak Sembelih

oleh -

Palapanews.com- Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Kota Tangerang pastikan seluruh hewan kurban pada lapak-lapak di wilayah seluruhnya sehat. Berdasarkan data yang diterima untuk lapak hewan kurban mencapai 190 hingga 200 tempat penjualan hewan kurban layak sembelih.

“Kita sudah melakukan survei (pengecekan kesehatan) hampir ke seluruh lapak. Dari sempel itu kita tidak menemukan sapi atau kambing yang sakit,” kata Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Tangerang, Abduh Surahman, Jum’at, 16 Juli 2021.

Abduh mengatakan, Dinas Ketahanan Pangan tetap mengimbau kepada pemilik lapak hewan kurban jika ada sapi atau kambing yang sakit dikeluarkan dalam barisan. Yang artinya, tidak boleh di jual.

“Sekarang lapak hewan kurban sudah menurun. Tahun ini ada 200 lapak, tahun 2020 itu ada 224 dan tahun 2019 itu ada 261. Jadi ada penurunan setiap tahunnya karena daya beli masyarakat menurun pas Covid-19 ini,” katanya.

Abduh menambahkan, terkait pemotongan hewan kurban pada hari raya Idul Adha mendatang, Dinas Ketahanan Pangan sudah memberikan imbauan kepada Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) untuk memerhatikan protokol kesehatan.

“Kita sudah beri imbauan itu melalui zoom, intinya harus mematuhi aturan yang sudah tertera dalam Surat Edaran Walikota Tangerang. Apabila rumah potong hewan (RPH) penuh, maka di masjid dan itu harus menerapkan protokol kesehatannya yang betul,” ujarnya seraya menerangkan, soal pemotongan hewan kurban, sejauh ini baru empat orang yang sudah mendaftarkan ke RPH dengan jumlah sapi yang didaftarkan sudah lebih dari 50.(ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.