Stok Darah Minim di PMI Kota Tangerang, Abdul Syukur Center Gelar Aksi Kemanusiaan

oleh -

Palapanews.com- Untuk memenuhi kebutuhan stok darah di Kota Tangerang, Abdul Syukur Center menggelar aksi donor darah bagi masyarakat Kota Tangerang, Minggu, 20 Juni 2021.

Kegiatan donor darah dengan tema ”Dengan Donor Darah Kita Sehat, Mereka Selamat” dilakukan di kediaman Abdul Syukur Center (ASC), Jalan Hasyim Ashari, Kecmatan Pinang, Kota Tangerang.

Abdul Syukur mengatakan, donor darah yang dilakukan oleh teman-temen ASC ini sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat yang membutuhkan. Untuk itu, aksi kemanusiaan ini ASC bekerjasama dengan PMI Kecamatan Pinang dan PMI Kota Tangerang.

“Aksi donor darah ini merupakan yang ketiga kalinya. Mudah-mudahan kegiatan ini akan terus dilakukan demi membantu temen-temen PMI. Sebab, saya mendapat informasi PMI mengalami krisis ketersediaan darah. Dan, bakti sosial ini bisa membantu ketersediaan darah di PMI Kota Tangerang,” ungkapnya.

Untuk donor darah yang pertama, kata Abdul Syukur, mendapatkan 64 kantong darah, kemudian yang kedua mendapatakan 72 kantong darah, dan untuk yang ketiga ini ditargetkan 100 kantong darah.

“Pendonor ini berasal dari masyarakat umum dan teman-teman ASC. Dan, perlu diketahui dengan donor darah tubuh kita semakin sehat,” pungkasnya.

Ketua Panitia donor darah ASC, Amirudin menambahkan, pihak akan terus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang manfaat donor darah. Untuk kedepannya, pihaknya juga akan menggelar donor darah plasma konvaselen.

“Bakti sosial ini akan terus kami laksanakan untuk membantu PMI Kecamatan Pinang dan PMI Kota Tangerang dalam memenuhi kebutuhan dan ketersediaan darah bagi yang membutuhkan,” kata pria yang akrab disapa Goprak ini.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kota Tangerang, Faik Fachroni menerangkan, PMI Kota Tangerang dalam sehari mampu menerima 600 kantong darah dari pendonor. Namun, saat pandemi Covid-19 ini mengalami penurunan pendonor yang berdampak pada kurangnya ketersediaan stok darah.

“Kami ucapkan terimakasih kepada ASC yang telah melakukan kegiatan ini. Dan, kegiatan ini bisa dicontoh oleh komunitas lain, sehingga bisa membantu ketersediaan stok darah di PMI Kota Tangerang. Sedangkan untuk donor darah plasma konvalesen, kami telah mengeluarkan 2600 kantong darah,” jelasnya.(ydh)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.