Cara Mengatasi Kulit Kering dengan Bahan Alami

oleh -

Palapanews.com- Banyak sekali bahan alami di lingkungan sekitar yang sebenarnya berguna bagi kulit. Bahan-bahan tersebut mungkin bekerja dengan menghidrasi kulit, menyokong jaringan kolagen, atau membantu perbaikan sel-sel kulit yang rusak.

Bahan alami biasanya dimanfaatkan dalam bentuk masker, pelembap yang dioleskan langsung, scrub, atau bahkan bahan tambahan untuk mandi. Berikut ragam bahan alami yang dapat Anda manfaatkan.

1. Minyak zaitun

Bahan alami lainnya yang bagus digunakan untuk melembapkan kulit kering adalah minyak zaitun. Minyak zaitun berfungsi sebagai pembersih sekaligus pelembap alami. Produk ini juga mengandung antioksidan dan asam lemak yang baik untuk kulit.

Guna mengatasi kulit wajah yang kering, cukup oleskan sedikit minyak zaitun sebelum memakai pelembap yang biasa Anda gunakan. Untuk area tubuh yang lain, oleskan minyak zaitun pada bagian yang kering sekitar setengah jam sebelum mandi.

Gosokkan minyak zaitun di tangan dan kaki Anda dan area kulit kering lain kemudian pijat perlahan. Pijatlah kulit dengan gerakan memutar lembut agar minyak meresap sempurna. Sehabis itu, Anda bisa mandi dan memakai lagi body lotion yang ringan.

2. Lidah buaya

Selain menjadi obat alami untuk meredakan kulit yang terbakar matahari, gel lidah buaya ternyata juga membantu mengatasi kulit kering. Tidak hanya itu, kandungan di dalamnya pun membantu melembutkan dan memperbaiki tekstur kulit Anda.

Cara memakai lidah buaya untuk mengatasi kulit kering cukup mudah. Belah lidah buaya segar menjadi dua bagian, lalu keruk gelnya. Oleskan gel lidah buaya di bagian kulit yang kering dan biarkan beberapa waktu. Setelah itu, bilas dengan air hangat.

Sebelum digunakan, Anda juga bisa menyimpan gel lidah buaya ke dalam kulkas selama beberapa jam untuk mendapatkan sensasi dingin yang menenangkan. Namun, hentikan pemakaian bila kulit terasa gatal atau tidak nyaman.

3. Minyak kelapa

Minyak kelapa juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk mengatasi kulit kering. Mengacu studi terdahulu, kandungan asam lemak jenuh dalam minyak kelapa terbukti melembutkan kulit dengan cara meningkatkan kadar air dan lemak dalam lapisannya.

Cukup minyak kelapa murni ke bagian tubuh yang kering sebelum tidur dan cucilah di pagi hari. Gunakan juga minyak kelapa setelah mandi ketika kulit masih hangat dan kenyal. Lakukan ini setiap hari untuk membuat kulit Anda halus dan lembut.

4. Madu

Pemanis alami pengganti gula ini ternyata juga efektif melembapkan kulit yang kering. Selain terbukti memiliki efek antiradang, antioksidan, dan antimikroba, sejumlah studi menemukan bahwa madu juga memiliki sifat melembapkan dan menyembuhkan.

Ditambah lagi, madu mengandung banyak vitamin dan mineral yang dapat membantu meningkatkan kesehatan kulit Anda secara menyeluruh. Tak heran jika banyak orang mengatasi kulit kering dengan cara mengoleskan bahan alami yang satu ini.

Sebelum mandi, oleskan madu ke seluruh tubuh atau wajah Anda dan biarkan selama 5 – 10 menit. Ulangi langkah ini setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil berupa kulit yang lebih lembap.

5. Susu kambing

Susu mengandung zat antiradang dan memberikan sensasi menenangkan pada kulit. Ditambah lagi, asam laktat pada susu juga meremajakan sel-sel kulit, meningkatkan kelembapannya, dan membuatnya tampak lebih cerah.

Asam lemak dan trigliserida yang ditemukan pada susu juga membantu melembapkan kulit dan menjaganya tetap lembut. Selain itu, vitamin A yang cukup tinggi membantu kulit melawan bakteri penyebab jerawat dan menjaga kesehatan kulit secara umum.

Cukup celupkan lap bersih ke susu dingin dan usapkan pada kulit kering Anda selama 5 – 7 menit. Anda pun bisa menambahkan beberapa tetes air mawar dan jus lemon ke dalam empat sendok makan susu. Lalu, bilas kulit dengan air hingga bersih.

6. Probiotik

Probiotik atau bakteri baik ternyata tidak hanya bermanfaat untuk pencernaan saja. Keberadaan bakteri baik mampu mengurangi bakteri jahat di dalam tubuh sehingga membantu mengurangi peradangan di dalam tubuh.

Semakin kecil peradangan di dalam tubuh, semakin sedikit pula permasalahan tubuh dan kulit yang mungkin terjadi. Dengan kata lain, masalah kulit yang berkaitan dengan peradangan seperti jerawat, iritasi kulit, dan kemerahan di kulit wajah dapat berkurang.

Guna memperoleh manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung probiotik alami seperti yogurt dan kefir, serta sayuran yang difermentasi seperti acar atau kimchi.

Kunci mengatasi kulit kering adalah menjaga kelembapan kulit sebaik mungkin. Anda dapat melakukannya dengan menghindari kebiasaan yang mengikis lapisan pelindung kulit serta menggunakan bahan-bahan alami yang melembapkan secara alami.

Jika perubahan gaya hidup dan pemakaian bahan alami tidak memberikan hasil, Anda bisa berdiskusi dengan dokter untuk mengetahui penyebabnya. Pada kondisi tertentu, kulit kering mungkin menandakan penyakit kulit lain yang perlu penanganan medis.

Hellosehat

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.