Tips Hidup Sehat Hanya dengan Satu Ginjal

oleh -

Palapanews.com- Pada dasarnya, pedoman menjalani hidup dengan satu ginjal agar tetap sehat berlaku untuk semua orang. Hal ini termasuk memenuhi nutrisi untuk tubuh, menjaga berat badan, berolahraga, hingga rutin melakukan pemeriksaan.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan untuk mencegah risiko penyakit yang telah disebutkan, termasuk gagal ginjal, yaitu sebagai berikut.

1. Melakukan pemeriksaan rutin

Bagi Anda yang hidup dengan satu ginjal mungkin perlu menjalani pemeriksaan ginjal setahun sekali. Pemeriksaan ini dapat meliputi tes darah dan urine sederhana hingga pengecekan tekanan darah dan terutama:

  • uji albuminuria, seperti tes urine dan tes darah,
  • pemeriksaan tekanan darah, serta
  • uji laju filtrasi glomerulus (GFR) untuk melihat fungsi penyaringan ginjal.

2. Pola makan sehat

Faktanya, orang yang memiliki satu ginjal tidak perlu melakukan diet khusus, tetapi tetap perlu menjaga kesehatan ginjal mereka. Hal ini terutama perlu dilakukan ketika fungsi ginjal Anda berkurang, sehingga perlu melakukan perubahan pola makan, yakni:

  • membatasi asupan garam dan sodium,
  • mengurangi makan makanan tinggi protein, dan
  • berhenti minum minuman beralkohol.

Jangan lupa untuk berkonsultasi dengan ahli gizi tentang diet apa yang tepat untuk menyeimbangkan gizi di tubuh sesuai dengan kondisi Anda.

3. Hindari olahraga berat

Olahraga memang baik untuk kesehatan. Namun, penting bagi Anda dengan satu ginjal utnuk berhati-hati dan melindunginya dari cedera. Anjuran ini berlaku untuk siapa saja dengan kondisi ini.

Beberapa dokter menganggap lebih baik menghindari olahraga berat dan berisiko tinggi, seperti:

  • tinju,
  • hoki,
  • sepak bola,
  • bela diri, dan
  • gulat.

Anda mungkin dapat menggunakan alat pelindung, seperti rompi empuk di bawah pakaian yang dapat membantu melindungi ginjal dari cedera saat olahraga. Hal ini bertujuan untuk mengurangi risiko.

Konsultasikan dengan dokter spesialis urologi jika ingin melakukan olahraga tertentu mengingat risiko tetap ada meskipun menggunakan pelindung.

4. Minum air putih yang cukup

Tips penting lainnya agar tetap bisa sehat meskipun dengan satu ginjal adalah memenuhi kebutuhan cairan tubuh. Minum air putih sebanyak 8 gelas per hari atau dua liter dapat meringankan kinerja ginjal karena pembuangan urine menjadi lancar.

Apabila Anda adalah pasien penyakit ginjal, tanyakan kepada dokter berapa banyak kebutuhan cairan harian yang diperlukan. Pasalnya, orang yang hidup dengan ginjal tunggal dan fungsinya tidak bekerja dengan baik memiliki kebutuhan yang berbeda.

5. Berhenti merokok

Bahaya dari merokok tidak dapat dipungkiri merusak pembuluh darah. Akibatnya, aliran darah ke ginjal pun ikut terganggu. Jika ginjal tidak memiliki aliran darah yang cukup, organ ini tidak dapat berfungsi dengan baik, terutama pada orang dengan ginjal tunggal

Bagaimana dengan anak yang memiliki satu ginjal?

Sebenarnya, anak-anak dengan ginjal tunggal sebaiknya diperlakukan tidak berbeda dari anak lainnya. Mereka tidak perlu diet khusus. Sama seperti anak-anak dengan dua ginjal lainnya, anak dengan kondisi ini hanya perlu menjalani beberapa tips di atas.

Hellosehat

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.