Baru Berdiri, Link Care Cisadane Langsung Menggebrak Gelar Event Susur Cisadane

oleh -

Palapanews.com – Susur Sungai Cisadane diikuti antusias sejumlah komunitas lingkungan. Event pertama gebrakan komunitas baru Link Care Cisadane ini, berlangsung Minggu (11/4/2021).

Enam perahu dengan daya tampung 6 personil melaju start dari sisian sungai kawasan Cisawang Bogor sejak pagi hari. Empat perahu terus melaju hingga finish di kawasan jemban Assobirin Cihuni setelah berhenti di beberapa titik tepian Sungai Cisadane. Sementara dua diantaranya perahu karet itu bersandar di kawasan Ekowisata Keranggan, Kota Tangerang Selatan yang menjadi pusat kegiatan.

“Kegiatan ini dalam rangka peringatan Hari Bumi 2021,” kata Oky, Ketua Link Care Cisadane, yang juga ketua pelaksana Susur Cisadane.

Susur Sungai Cisadane ini sendiri, kata dia, bertujuan untuk memetakan potensi yang ada di sekitar bantaran sungai Cisadane seperti potensi wisata, keragaman hayati dan potensi lainnya.

“Susur Sungai ini, dilaksanakan selain bertujuan peduli terhadap lingkungan juga menghimpun data-data potensi yang ada di sekitar Sungai Cisadane. Data tersebut nantinya akan dihimpun sebagai big data, yang nantinya akan digunakan untuk keperluan penelitian atau bagi mereka yang akan membutuhkan,” beber Oky.

Syahrudin salah satu peserta Susur Cisadane mengaku enjoy dengan kegiatan yang diikutinya itu, dia sekaligus bernostalgia karena lebih dari 20 tahun yang lalu juga pernah melakukan susur sungai Cisadane dengan perahu karet.

“Jarak yang ditempuh Susur Cisadane ini, sekitar 16 kilometer jauhnya,” ucapnya.

Baca juga : Ini, Aneka Paket Promo Menarik Program Ramadhan XL Axiata

Dia berharap kegiatan tersebut bisa berlanjut ke depannya, dan menghasilkan sesuatu yang dapat digunakan dalam rangka pelestarian Sungai Cisadane atau lingkungan.

Pelaksanaan Susur Sungai Cisadane didukung oleh beberapa komunitas yang sudah ahli dibidang tanggap bencana (rescue) dan sekaligus kegiatan ini juga sebagai ajang latihan mereka. Dan untuk media support datang dari Kelompok Kerja (Pokja) Wartawan Harian Tangerang Selatan yang beranggotakan puluhan jurnalis media lokal maupun nasional terdiri dari media cetak, televisi Diantara salah satu perahu tampak juga salah seorang anggota DPRD Provinsi Banten serta beberapa jurnalis media nasional. (bd)

Komentar Anda

comments