4 Penyebab Punggung Sakit Saat Bernapas, Ini Cara Mengatasinya

oleh -

Palapanews.com- Sakit punggung adalah salah satu kondisi yang umum terjadi. American Chiropractic Association menyatakan bahwa sakit punggung lebih banyak dialami oleh wanita dibandingkan pria. Sakit punggung biasanya terpusat di area sekitar tulang belakang, menyebabkan tubuh bagian atas sulit untuk digerakkan. Namun dalam beberapa kasus, banyak juga orang yang mengeluhkan punggung sakit saat bernapas. Apa penyebabnya? Simak ulasannya dalam artikel ini.

Apa penyebab punggung sakit saat bernapas?

Berikut ini berbagai penyebab punggung sakit saat bernapas yang paling umum, yaitu:

1. Cedera

Cedera tulang rusuk dada akibat terkilir, patah, atau terbentur benda keras dapat menyebabkan sakit punggung saat bernapas. Keluhan nyeri ini juga bisa disebabkan oleh cedera otot, ligamen, dan struktur yang mendukung tulang belakang. Bentuk tulang belakang yang tidak normal, seperti pada skoliosis, lordosis, atau kifosis juga bisa menyebabkan punggung terasa sakit saat Anda menghirup napas.

2. Infeksi paru-paru

Infeksi paru-paru bisa membuat Anda kesulitan untuk bernapas dengan lancar. Contohnya apabila Anda mengalami pneumonia yang bisa menyebabkan sensasi sesak napas dan demam. Semakin lama gejalanya berlangsung, Anda akan semakin sering mengalami nyeri setiap kali bernapas.

3. Emboli paru

Emboli paru adalah kondisi yang terjadi ketika ada gumpalan darah yang menghambat pembuluh darah dalam paru-paru. Pada kebanyakan kasus, emboli paru disebabkan oleh gumpalan darah beku yang mengalir ke paru-paru dari kaki, atau bisa juga dari bagian tubuh lain seperti panggul, lengan, atau jantung (trombosis vena dalam). Kondisi ini dapat menyebabkan Anda merasa nyeri setiap kali mengambil napas.

4. Obesitas

Sakit punggung saat bernapas juga seringkali dialami oleh orang-orang yang memiliki berat badan berlebih atau obesitas. Kelebihan berat badan bisa memberi tekanan luar biasa pada tulang belakang dan menyumbat jalan napas, yang pada akhirnya menyebabkan Anda jadi sesak napas.

Jika Anda masih ragu apa yang menjadi penyebab punggung Anda terasa sakit saat bernapas, ada baiknya segera berkonsultasi ke dokter agar Anda bisa mendapatkan diagnosis dan perawatan yang tepat.

Cara mengatasi punggung sakit saat bernapas

Cara-cara di bawah ini akan membantu Anda mengurangi atau meredakan punggung sakit saat bernapas sehingga memudahkan Anda untuk bergerak dan beraktivitas kembali.

1. Jalani pola hidup sehat

Pastikan Anda mengonsumsi makanan dengan gizi seimbang. Ini penting agar Anda tidak mengalami obesitas yang bisa membuat punggung Anda sakit. Tidak lupa juga sebaiknya Anda rutin beraktivitas fisik. Latihan fisik aerobik yang rutin dapat meningkatkan kapasitas jantung paru Anda sehingga Anda tidak mudah ngos-ngosan.

Konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter Anda mengenai latihan fisik yang tepat bagi kondisi Anda. Jangan sampai latihan fisik yang Anda lakukan justru memperberat kondisi Anda.

2. Jangan membebani punggung Anda

Menghindari aktivitas berat yang memberikan beban pada punggung Anda merupakan pilihan bijak untuk mengatasi punggung saat bernapas. Jadi, pastikan Anda tidak memaksakan mengangkat atau membawa barang yang berat tanpa menggunakan bantuan. Apabila memungkinkan, lebih baik untuk mendorong daripada harus menarik atau menggendong benda yang berat. Bila Anda harus mengambil barang yang jatuh, berjongkoklah untuk mengambilnya.

3. Berhenti merokok

Kebanyakan orang tidak sadar bahwa merokok nyatanya juga bisa menyebabkan punggung sakit saat bernapas. Pasalnya, merokok mempersempit pembuluh darah yang membuat asupan oksigen dan nutrisi yang sampai ke tulang berkurang. Akibatnya, perokok akan lebih mudah mengalami nyeri atau sakit punggung. Itu sebabnya, berhenti merokok sekarang juga jika ingin mencegah sakit punggung kambuh kembali.

Kabar baiknya, kebanyakan kasus sakit punggung bisa hilang dengan istirahat, terapi fisik, dan melakukan aktivitas fisik sederhana di rumah. Namun jika keluhan Anda tidak kunjung membaik atau justru makin memburuk, segeralah berkonsultasi ke dokter agar Anda bisa mendapatkan perawatan yang tepat.

Hellosehat

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.