Bappeda Kota Tangerang Verifikasi dan Validasi Data Dalam Penyusunan LKPJ Walikota Tahun 2020

oleh -

Palapanews.com- Pemerintah Kota Tangerang melalaui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang tengah melakukan verifikasi dan validasi data Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Walikota Tangerang Tahun 2020.

Dalam verifikasi dan validasi data dibutuhkan sinergi dan kerjasama dengan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) untuk melakukan percepatan dalam melakukan penyusunan dokumen LKPJ Walikota Tangerang Tahun 2020.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang, Sugiharto Achmad Bagdja, Jumat, 5 Maret 2021.

Menurut Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Tangerang, berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 13 Tahun 2019 tentang Laporan dan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintah Daerah, pasal 19 ayat (1) dijelaskan bahwa kepala daerah menyampaikan LKPJ kepada DPRD dalam rapat paripurna yang dilakukan 1 (satu) kali dalam 1 (satu) tahun paling lambat 3 (tiga) bulan setelah tahun anggaran berakhir.

“Dalam verifikasi dan validasi data LKPJ Walikota Tangerang tahun 2020 dilaksanakan secara tatap muka dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan mulai tanggal 3-5 Maret 2021,” kata Sugiharto Achmad Bagdja.

Dari hasil verifikasi dan validasi yang dilaksanakan, kata Sugiharto Achmad Bagdja, masih ada beberapa yang harus diperbaiki. Dan, hasil perbaikannya harus segera disampaikan kembali ke Bappeda Kota Tangerang paling lambat pada 8 Maret 2021 pukul 15.00 WIB.

Dalam proses perbaikan, Bappeda Kota Tangerang akan melakukan finalisasi akhir di minggu ke 2-3 Maret 2021, sehingga minggu ke-3 Maret tahun 2021 dapat disampaikan ke DPRD Kota Tangerang.

Sementara itu, ada beberapa poin penting yang perlu diperhatikan dalam proses perbaikan LKPJ. Pertama, Capaian indikator tujuan, sasaran, program dan kegiatan tahun 2020 yang sudah dicrosscek kembali. Kedua, Narasi permasalahan dan solusi permasalahan untuk program dan kegiatan yang tidak tercapai di tahun 2020.

Ketiga, Realisasi keuangan yang sudah disesuaikan dengan data lra bidang akuntansi BPKD terakhir. Keempat, Jawaban tindak lanjut rekomendasi atas LKPJ Walikota tahun 2019 yang sudah terisi dan dibahas dengan binwil Bappeda. Kelima, daftar penghargaan Pemerintah Kota Tangerang di tahun 2020 yang sudah diupdate.(adv)

Komentar Anda

comments

No More Posts Available.

No more pages to load.