Tingkatkan Minat Baca Siswa, DPAD Kota Tangerang Gelar Story Telling Net

oleh -

Palapanews com- Untuk meningkatkan minat serta budaya baca di masa pandemi covid 19, Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang, melaksanakan kegiatan Story Telling Net dalam rangka membangkitkan semangat literasi dan informasi bagi siswa dan siswi Sekolah Dasar. Sedangkan untuk Tema yang diangkat adalah “Semangat & Sehat Membangun Kota Tangerang, melalui Story Telling Net dapat membangkitkan Imajinasi Anak Usia Dini”.

Story Telling merupakan cerita yang membentangkan bagaimana terjadinya suatu hal peristiwa, kejadian dan sebagainya. Dan, Story Telling juga sebuah metode yang efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak dan membantu mengajarkan anak, untuk mendengar, melihat, meningkatkan keterampilan komunikasi dan tulisan serta memahami alur cerita.

Kepala Bidang Perpustakaan pada Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah (DPAD) Kota Tangerang, Endang Purwaningsih mengatakan, kegiatan Story Telling sebagai wadah untuk membangun kecerdasan emosional anak dalam memahami makna membaca melalui mendongeng serta membangkitkan daya imajinasi anak.

“Story Telling ini diikuti oleh 60 orang siswa dari tingkat Sekolah Daerah yang terbagi dalam tiga kelurahan yang ada di Kota Tangerang,” kata Endang, Kamis, 18 Februari 2021.

Dikatakan Endang, Story Telling ini disampaikan secara massal melalui zoom di tiga kelurahan yakni Kelurahan Nusa Jaya, Kelurahan Sukarasa, dan Kelurahan Nerogtog yang juga dihadiri oleh anak-anak praSekolah (PAUD) dengan menerapkan protokol kesehatan 3M (Memakai Masker, Menjaga Jarak, dan Mencuci Tangan) dengan benar.

Manfaat Story Telling, kata Endang yaitu mengajar kebijakan, memperkenalkan budaya dan agama, memperkenalkan nilai-nilai budaya dan agama, membantu anak belajar, meningkatkan kemampuan mendengar, melatih imajinasi dan kreatifitas dan memperbanyak wawasan.

“Disaat pandemi Covid-19 ini, para generasi muda harus tetap berkreasi dan meningkatkan kreatifitasnya, salah satunya dengan membaca buku,” papar Endang seraya menambahkan, Story Telling yang digagas DPAD dengan dukungan Dinas Kominfo melalui dunia teknologi zoom merupakan kegiatan pertama se-Provinsi Banten.

“Saya berharap kegiatan ini menjadi metode efektif dalam meningkatkan kemampuan bahasa anak dan membantu mengajarkan anak untuk mendengar alur cerita, berkomunikasi baik secara lisan maupun tulisan,” ujarnya.

Diketahui, materi cerita pada kali ini berupa legenda Kota Tangerang “Dibalik Banjir Cisadane” yang bertujuan untuk mendorong minat dan budaya gemar membaca, dan menjadikan anak-anak yang mandiri, sehat dan cerdas, yang dibawakan cerita oleh Pendongeng yakni Heru Prakoso dan Mohamad Gerry Purnomo.

Story Telling Net merupakan salah satu upaya promosi untuk mengangkat Citra DPAD di masyarakat dan terlebih lagi untuk pembentukan karakter dan motorik dunia anak untuk meningkatkan minat baca bahwa Literasi mampu membentuk karakter seseorang menumbuhkan dan meningkatkan motivasi dan inovasi gairah membaca.(Adv)

Komentar Anda

comments